Bahan Ajar Sets Untuk Sekolah Dasar
Abstract
Bahan ajar IPA bervisi SETS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dalam materi sumber daya alam. Dapat dibuktikan dengan hasil evaluasi nilai rata-rata 85 dan hasil ketuntasan klasikal sebesar 86%. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan bahan ajar IPA bervisi SETS. Model penelitian meliputi beberapa tahap, yaitu Perencanaan (Planning), Implementasi Tindakan dan Pengamatan (Acting and Observe) dan Refleksi (Reflecting). Proses penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri atas dua kali pertemuan. Dari hasil analisis, bahwa ada peningkatan yang signifikan pada nilai tes tiap siklus. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 23 (66%) siswa dengan nilai rata-rata yang dicapai 73. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 30 (86%) siswa dengan nilai rata-rata 85.
IPA teaching materials with vision of SETS can improve the learning result of fourth grade students in science subjects in natural resource material. Can be proved with the results of the evaluation of the average value of 85 and the result of classical completeness of 86%. The research method used is Classroom Action Research using teaching materials with vision of SETS. The research model includes several stages, namely Planning (Planning), Action Implementation and Observation (Acting and Observe) and Reflection (Reflecting). The research process is conducted in two cycles consisting of two meetings. From the analysis results, that there is a significant increase in test scores per cycle. In the first cycle, students who scored more than 75 were 23 (66%) students with an average score of 73. In cycle II students who scored more than 75 were 30 (86%) students with an average score of 85.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aikenhead, G. S., & Cross, E. R. (2003). A Vision for Science Education: Responding to the Work of Peter J. Fensham.
Baharuddin, E. N. W., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori belajar dan pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media.
Binadja, A. (1999, December). Hakekat dan Tujuan Pendidikan SETS dalam Konteks Kehidupan dan Pendidikan Yang Ada. In Makalah Seminar Lokakarya pendidikan SETS.
Dahar, R. W. (1988). Teori-teori belajar. Departmen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Depdiknas (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Gagné, R. M., & Paradise, N. E. (1961). Abilities and learning sets in knowledge acquisition. Psychological Monographs: General and Applied, 75(14), 1.
Hamalik, D. O. (1995). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Hodson, D. (2003). Time for action: Science education for an alternative future. International Journal of Science Education, 25(6), 645-670.
Iskandar, S. M. (2001). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.
Rusman, D., & Pd, M. (2010). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudiana, N. (1989). Dasar-dasar proses belajar mengajar. PT Sinar Baru Algensindo.
Sulistyorini, S. (2007). Model pembelajaran IPA sekolah dasar dan penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suwarno, P. J., & Rahmanto, S. P. S. B. (1998). Pendidikan Sains Yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.
UU Sisdiknas (2003) Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Viola, S. R., Giretti, A., & Leo, T. (2007). Detecting differences in" meaningful learning" behaviours and their evolution: a data driven approach. International Journal of Computing and Information Sciences, 5(2), 63-73.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Yager, R. R. (2009). Some aspects of intuitionistic fuzzy sets. Fuzzy Optimization and Decision Making, 8(1), 67-90.
View Counter: Abstract - 1286 and PDF - 592
Refbacks
- There are currently no refbacks.