Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh gambaran pendidikan karakter di Sekolah Dasar dan peran bimbingan dan konseling dalam pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas II (dua), siswa kelas V (lima) Sekolah Dasar, dan guru gelas. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di sekolah dasar belum berjalan dengan optimal. Bimbingan dan konseling sebagai bagian penting dalam pendidikan memiliki peranan yang signifikan dalam menanamkan pendidikan karakter di Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gladding, S.T. (2009). Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Bersadarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengem-bangan Pendidikan Budaya dan Ka-rakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
Koesoma, D. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Lickona. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Book
Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter Kontruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Samani, M dan Hariyanto. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Screenko, L.C. (1997). Values and Character Education Implementation Guide. Georgia Department of Education.
View Counter: Abstract - 3327 and PDF - 2598
Refbacks
- There are currently no refbacks.