Keefektifan Media Pembelajaran Mogabil Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 02 Baleraksa Purbalingga
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika kelas IV pada SDN 02 Baleraksa Purbalingga. Hal tersebut disebabkan proses belajar mengajar yang kurang menarik serta efektif mengoptimalkan hasil belajar siswa sehingga membuat hasil belajar siswa rendah, guru kurang menggunakan media yang mendukung untuk pemahaman konsep matematika siswa dan memotivasi siswa.Hasil belajar belum optimal, 68% siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu 70. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian yaitu Pre Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02Baleraksa tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 28 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara dan kegiatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji banding hasil belajar dua pihak menunjukkan hasil thitung= 17,42 dengan ttabel= 2,049 sehingga thitung> ttabel yang artinya bahwa media pembelajaran mogabil (mobil garis bilangan) efektif terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN 02 Baleraksa Purbalingga. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, saran yang perlu disampaikan adalah dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik siswa untuk belajar yaitu dengan mencoba menerapkan media pembelajaran mogabil (mobil garis bilangan) sebagaisalah satu media alternatif guru dalam mengajar.
The background that underlies this research is the low learning outcomes of fourth grade mathematics at SDN 02 Baleraksa Purbalingga. This is due to the less interesting teaching learning process and effec-tively optimize student learning outcomes that make student learning outcomes low, the teacher does not use media that supports students' understanding of mathematical concepts and motivates students. Learning outcomes are not optimal, 68% of students score below KKM, is 70. Research is a quantitative research using research design that is Pre Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The population of this study is all students of grade IV SDN 02 Baleraksa academic year 2017/2018. Samples taken are 28 students, consisting of 13 male students and 15 female students. The data in this study were obtained through tests (pretest-posttest), interviews and observation activities. The results of the research shows that the comparative test of two-party learning result shows thitung = 17.42 with ttable = 2.049 so thitung > ttable which means that the mogabil learning media (number line car) is effective about mathematics learning outcomes of integer class IV SDN 02 Baleraksa Purbalingga. Based on the research and discussion, suggestions that need to be submittedis in the learning process should teacher use the model and learning media that attract students to learn that is by trying to apply mogabil learning media (number line cars) as one alternative media teachers teach.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kustandi, S, (2011). Media Pembelajaran. Bogor: Chalia Indonesia.
Restianingrum, A. (2016). Peningatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Garis Bilangan Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 15 Tahun Ke-5. http://journal .student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/2042/1741 (Diakses 05 April 2018).
Srimuliani, N. (2016). “Bilangan Bulat Siswa Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan SD Kelas IVâ€. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun Ke-5 http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/1240/1116 (Diakses 05 April 2018).
Sudjana N, Ahmad R. (2013). Media Pengajar-an. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset
Sundayana. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahyuningtyas, D.T (2018). “Penggunaan Media Mobil Mainan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulatâ€. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. http://ejournal.unikama.ac.id/index,php/jrnspirasi/article/viewFile/689/438(Diakses 05 April 2018).
View Counter: Abstract - 542 and PDF - 327
Refbacks
- There are currently no refbacks.