Keefektifan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonosari Batang
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah model Make a Match  efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SD Negeri Wonosri 03. Metode penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan teknik One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Wonosri 03 Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas V dengan menggunakan tekni Sampling Jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian pretest, posttest, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil perhitungan nilai pretest yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kelas V SD Negeri Wonosari 03 Kabupaten Batang berdistribusi normal karena nilai  yaitu 0,148 < 0,161 dengan n = 30 dan taraf nyata α = 0,05. Pada tahap akhir berikutnya dilakukan kembali uji normalitas dengan menggunakan nilai posttest. Berdasarkan perhitungan diperoleh  = 0,137 dengan n = 30 dan taraf nyata α = 0,05, dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel = 0,161. Karena  yaitu 0,137 < 0,161, maka  diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Selain nilai pretest dan posttest yang nantinya digunakan sebagai nilai aspek kognitif, dari pertemuan ke-1 sampai dengan pertemuan ke-3. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan analisis hasil belajar siswa materi panas dan perpindahannya ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas untuk pretest sebesar 58,8 dan posttest sebesar 74 dengan n=30 jadi db= N-1 yang diperoleh thitung = 16,078 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 2,045. Karena t hitung > t tabel yaitu 16,078 > 2,028 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa model Make a Match  berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa materi panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri Wonosari 03 Kabupaten Batang..
The aim to be achieved in this study is to find out whether the Make a Match  model is effective against the learning outcomes of Natural Sciences in fifth grade students of SD Negeri Wonosri 03. Quantitative research methods in the form of Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design techniques. The study population was all fifth grade students of Wonosri State Elementary School 03 Academic Year 2018/2019. The samples taken were 30 grade V students using Saturated sampling techniques. The data of this study were obtained through pretest, posttest, documentation and interview research instruments. Based on the results of the calculation of the pretest value done, it was concluded that the fifth grade of SD Negeri Wonosari 03 Batang Regency was normally distributed because the value of L0 < Ltabel was 0.148 < 0.161 with n = 30 and the real level α = 0.05. In the next final stage, the normality test is carried out again using the posttest value. Based on the calculation obtained L0 = 0.137 with n = 30 and the real level α = 0.05, from the list of L critical values obtained Ltable = 0.161. Because L0 < Ltabel is 0.137 < 0.161, then H0 is accepted so it can be concluded that the sample comes from a population with normal distribution. In addition to the value of the pretest and posttest which will later be used as cognitive aspect values, from the 1st meeting to the 3rd meeting. After testing the hypothesis by analyzing the learning outcomes of hot material students and the transfer of cognitive domains obtained the value of the average class for the pretest of 58.8 and posttest of 74 with n = 30 so db = N-1 obtained tcount = 16,078 with a significant level of 5 % obtained value ttable = 2.045. Because tcount > ttable that is 16,078 > 2,028 then H0 is rejected and Ha is accepted. So that it can be said that the Make a Match  model influences the Learning Outcomes of hot material students and their displacement in class V of SD Negeri Wonosari 03 Batang Regency.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, R.D., dan Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Prabandari, E. (2007). Ilmu Pengetahuan Alam 5. Jakarta: Bumi Aksara.
Riyanto. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran llmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengeruhinya. Jakarta: Rinerka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengeruhinya. Jakarta: Rinerka Cipta.
Sudjana, N. (2005). Metode statistika. Bandung: TARSITO.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
View Counter: Abstract - 303 and PDF - 562
Refbacks
- There are currently no refbacks.