Pengembangan Media Pembelajaran “Monopoli Keberagaman†Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku untuk Peserta didik Kelas IV
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran “Monopoli Keberagaman†pada tema indahnya keragaman di negeriku subtema indahnya keragaman budaya di negeriku untuk Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model R & D dari Borg and Gall (Gooch, 2012:85) yang terdiri dari 7 tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan dan desain produk, (3) pelaksanaan pengembangan produk, (4) validasi, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, dan (7) revisi dan penyebaran poroduk akhir. Hasil produk pengembangan media pembelajaran “Monopoli Keberagaman†dinyatakan layak untuk diujicobakan karena hasil validasi dari tiga validator mendapatkan skor 87%. Keefektifan, ditunjukan dari hasil persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klaksikal 83,33% dan persentase respon peserta didik 80%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Monopoli Keberagaman†telah memenuhi dua aspek kualitas media dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
The purpose of this study was to describe the process and the results of the development of the learning media "Monopoly of Diversity" on the theme of the beauty of diversity in my country, the sub-theme of the beauty of cultural diversity in my country for grade IV elementary school. This research is a development research using the R & D model from Borg and Gall (Gooch, 2012: 85) which consists of 7 stages, namely: (1) needs analysis, (2) product planning and design, (3) implementation of product development , (4) validation, (5) product revisions, (6) product trials, and (7) revision and dissemination of final products. The results of the product development learning media "Monopoly of Diversity" were declared feasible to be tested because the validation results from the three validators scored 87%. Effectiveness, shown from the results of the percentage of completeness of student learning outcomes in a logical 83.33% and the percentage of student responses 80%. Based on the results of the data analysis it can be concluded that the learning media "Monopoly of Diversity" has fulfilled two aspects of media quality and can be used as a medium of learning in schools.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Gooch, D. L. (2012). Reseacrh, Development, and Validation of a School Leader’s Resource Guide for The Facilitation of Sosial Media Use by School Staff. Manhattan, Kansas: Kansas State University.
Hobri. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jember: Pena Salsabila
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Kurnia. (2008). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.
Masyhud, M.S. (2015). Analisis Data Statistic Untuk Penelitian Tindakan Pendidikan. Jember: LPMPK
Masyhud, M. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Penuntun Teori Dan Praktek Penelitian Bagi Calon Guru, Guru Dan Praktisi Pendidikan. Jember: LPMPK.
Rahayu, W.M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Apem pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Makanan Khas Daerah untuk Peserta didik Kelas IV SDN Antirogo 01. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Zainiyati, H.S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Kurniasih, I. and Sani, B., (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Kata Pena.
Muhson, A., (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Qondias, D., Anu, E.L. and Niftalia, I., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping SD Kelas III Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176-182.
Haqiqi, N., (2017). Penggunaan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Ekonomi di Indonesia dalam Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).
Irdiyanti, D., (2018). Pengaruh Media Monopoli Terhadap Pemahaman Keragaman Budaya Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Parungkamal Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2017/2018. Disertasi Doktoral, Universitas Peradaban.
Soegeng, A.Y. and Dewi, S.K.S., (2013). Keefektifan Metode Permainan Monopoli Materi Operasi Hitung Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Negeri 1 Kedungsuren Kendal. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1).
Susilana, R., Si, M. and Riyana, C., (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima
View Counter: Abstract - 1742 and PDF - 1385
Refbacks
- There are currently no refbacks.