Pengaruh PPL Mahasiswa UNNES Terhadap Pembelajaran Di SMK Ibu Kartini Semarang
Abstract
Program PPL UNNES merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 kependidikan agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kehadiran mahasiswa PPL di SMK Ibu kartini ditanggapi secara positif dan negatif. Secara keseluruhan diterima dengan baik namun masih ada kendala yang menjadi perhatian bagi guru pamong maupun guru lainnya yaitu masalah kedisiplinan, mahasiswa PPL sering terlambat datang ke sekolah dan kurang tertib dalam berpenampilan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 2 variabel yaitu variabel (X) Program PPL mahasiswa UNNES dan variabel (Y) Kegiatan Belajar Mengajar. Data penelitian diperoleh dari pemberian angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan  program PPL terhadap KBM, dapat dilihat dari hasil analisis uji t diperoleh t-hitung > t-tabel disimpulkan bahwa Ho ditolak berarti terdapat pengaruh positif program PPL mahasiswa UNNES terhadap Kegiatan Belajar Mengajar siswa di sekolah, besar pengaruh adalah 84,4%. Kesimpulannya, kehadiran mahasiswa PPL di sekolah latihan secara keseluruhan memiliki kriteria baik, artinya semakin baik program PPL yang dijalankan semakin baik pula proses KBMnya. Saran yang dapat diajukan adalah bahwa Kepala Sekolah, guru pamong maupun Dosen pembimbing harus bisa membimbing mahasiswa PPL untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiswa PPL, perlu adanya aturan yang spesifik untuk mengatur penampilan mahasiswa PPL di sekolah latihan.
Field Praktice of Experiens Program of UNNES is an educational program which is held to prepare S1 graduation in order to fully mastery teacher’s competence based on Education Nationality Standard. The existance of PPL students aprentice at SMK Ibu Kartini is received possitively and negatively. Totality it’s received very well, but still there is a problem for teachers that is a discipline. The student apprentice often come late to the school and they don’t have a good appearance. The research uses quantitatif approach with 2 variables, that are X variable (Student apprentice of PPL UNNES program) and Y variable (Teachng and learning activity). The data of this receard is gotten from giving questionnaire, interview and documentation. The data analyse technique used is t test and simple regression analyze the result of this research shows that there is an influence of PPL program to Teaching and Learning activity. It can be seen from the analize result of t test; t- counfing > t- table can be concluded that Ho is rejetpul, it means there is a possitive influence of students apprentice of UNNES to KBM at this school, big impact is 84,4% the conclusion is that the existence of studens apprentice of PPL at this school totally have a good criterion, of means this program will be as good as the process of KBM. The suggestion for the headmaste, teacher and also the lecturer are they have to guide the students apprentice to increase their discipline and they need specifik regulation to settle their appearance at training school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Gooch, D. L. (2012). Reseacrh, Development, and Validation of a School Leader’s Resource Guide for The Facilitation of Sosial Media Use by School Staff. Manhattan, Kansas: Kansas State University.
Haqiqi, N., (2017). Penggunaan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Ekonomi di Indonesia dalam Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).
Hobri. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jember: Pena Salsabila
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Irdiyanti, D., (2018). Pengaruh Media Monopoli Terhadap Pemahaman Keragaman Budaya Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Parungkamal Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2017/2018. Disertasi Doktoral, Universitas Peradaban.
Kurnia. (2008). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.
Kurniasih, I. and Sani, B., (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Kata Pena.
Masyhud, M. S. (2015). Analisis Data Statistic Untuk Penelitian Tindakan Pendidikan. Jember: LPMPK
Masyhud, M. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Penuntun Teori Dan Praktek Penelitian Bagi Calon Guru, Guru Dan Praktisi Pendidikan. Jember: LPMPK.
Muhson, A., (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Qondias, D., Anu, E.L. and Niftalia, I., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping SD Kelas III Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176-182.
Rahayu, W.M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Apem pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Makanan Khas Daerah untuk Peserta didik Kelas IV SDN Antirogo 01. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Soegeng, A.Y. and Dewi, S.K.S., (2013). Keefektifan Metode Permainan Monopoli Materi Operasi Hitung Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Negeri 1 Kedungsuren Kendal. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1).
Susilana, R., Si, M. and Riyana, C., (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima.
Zainiyati, H.S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
View Counter: Abstract - 619 and PDF - 323
Refbacks
- There are currently no refbacks.