Contextual Learning by Local Wisdom to Improve The Understanding of Simple Machine Concept
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiya, F., Sunarso, A., & Haryani, S. (2017). Influence of ctl model by using monopoly game media to the students’ motivation and science learning outcomes. Journal of Primary Education, 6(2), 114-119. R
Alimah, S. (2010). Pembelajaran biologi dengan pendekatan jelajah alam sekitar untuk mengembangkan kecakapan hidup peserta didik. Jurnal Pendidkan Biologi, 2(1), 22-30.
Arfianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.
Çoker, B., Çatlıoğlu, H., & Birgin, O. (2010). Conceptions of students about renewable energy sources: a need to teach based on contextual approaches. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1488-1492.
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran ipa terintegrasi etnosains untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116-128.
Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis pendidikan multikultural menggunakan permainan untuk mengembangkan karakter siswa. Unnes Sience Education Journal, 5(1), 1098-1101.
Erlisnawati, Munjiatun, dan Fitri H. 2013. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 99 Pekanbaru. Jurnal Primary, 2(2): 1-9.
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi segiempat siswa smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51-70.
Fitria, M., Sumarni, W., & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh pendekatan ctl berbasis sets terhadap pemahaman konsep dan karakter siswa. Unnes Science Education Journal, 5(2), 1298-1307.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47-54.
Hudson, C. C. & Whisler, V. R. (2008), Contextual teaching and learning for practitioners. Journal of Systemics, Cybernetics and Informatics, 6(4), 54-58.
Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murtiani, Fauzan, A., & Ratnawulan. (2012). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) berbasis lesson study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di smp negeri kota padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-21.
Samo, D. D., Darhim, Kartasasmita, B. G. (2018). Culture-Based Contextual Learning to Increase Problem-Solving Ability of First Year University Student. Journal on Mathematics Education, 9(1), 81-94.
Sarwi, Supriyadi, & Sudarmin. (2013). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk mengembangkan nilai karakter siswa smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(2), 141-150.
Sudarmin, & Pujiastuti, S. E. (2015). Scientific knowledge based culture and local wisdom in karimunjawa for growing soft skills conservation. International Journal of Science and Research, 4(9), 598- 604.
Sudiana, I. M. & Surata, I. K. (2010). Ipa biologi terintegrasi etnosains subak untuk siswa smp: analisis tentang pengetahuan tradisional subak yang dapat diintegrasikan dengan materi biologi smp. Suluh Pendidikan, 8(2), 43-51.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Tresnawati, N. (2018). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam upaya peningkatan konservasi lingkungan pada mahasiswa pgsd di batik tulis ciwaringin cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 69-82.
Warpala, I. W., Subagia, & Suastra, I. W. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal untuk mata Pelajaran Sains SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 300-314.
Wijayanti, R., Ibnu, S. & Muntholib. (2017). Hubungan antara keterampilan metakognisi dengan hasil belajar konsep mol. Jurnal Pembelajaran Kimia, 2(1), 1-8.
View Counter: Abstract - 470 and PDF - 264
Refbacks
- There are currently no refbacks.