Mengidentifikasi Karakter “Religius†Peserta Didik Kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi

Rori Eka Prasetya, Vega Ramadhani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakter peserta didik, khususnya karakter religius peserta didik kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G dan VIII H SMP N 18 Kota Jambi, dengan jumlah total responden sebanyak 60 responden. Pengambilan data diperoleh dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa angket yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angket karakter religius peserta didik digolongkan dalam kategori “sangat baikâ€. Pada kelas VIII G, terdapat 30% pernyataan yang dijawab dengan baik oleh peserta didik, dan terdapat 70% pernyataan yang dijawab dengan sangat baik oleh peserta didik. Sedangkan pada kelas VIII H, terdapat 16,7% pernyataan yang dijawab dengan baik oleh peserta didik, dan terdapat 83,3% pernyataan yang dijawab dengan sangat baik oleh peserta didik. Berdasarkan hasil angket tersebut, dapat disimpulkan bahwa peserta didik SMP N 18 Kota Jambi, khususnya kelas VIII G dan VIII H, telah memiliki karakter religius yang sangat baik.

The purpose of this study was to characterize students, the character of the religious participants of class VIII SMP N 18 Jambi City. The population in this study were eighth grade students of SMP Negeri 18 Jambi City 2018/2019. In this study the authors used sampling techniques using total sampling. The subjects of this study were students of class VIII G and VIII H SMP N 18 Jambi City, with a total number of respondents as many as 60 respondents. Data retrieval is obtained by descriptive method by obtaining quantitative. The research instrument was a questionnaire which was then analyzed using descriptive statistics. The results showed that students' religious character questionnaires were classified as "very good". In class VIII G, there were 30% who answered well answered by students, and there were 70% approved which was answered very well by students. Whereas in class VIII H, there were 16.7% who answered well by students, and 83.3% answered very well answered by students. Based on the results of the questionnaire, it can be concluded that the students of SMP N 18 Jambi City, special classes VIII G and VIII H, have very good religious characters.

Keywords

Character; Religious; Students; Education

Full Text:

PDF

References

Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Pedagogia, 1(1), 83-98.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64.

Aulia, L, R. (2016). Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 3(5), 314-323.

Fauzi, A.R., Zainuddin., dan Atok, R. A. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalaui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36.

Febrianshari, D., & Ekowati, D. W. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 6(1), 88-95.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist, 1(1). 47-56.

Hermawan, A dan Yusran, H.L. (2017). Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana.

Jusita, M.L. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter dalam Aktivitas Belajar Menggunakan Media Pembelajaran “Pecangoâ€. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 2226.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniawan, D.A., Astalini., dan Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124-139.

Mumpuniarti. (2012). Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 248257.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Santoso, S. (2006). Seri Solusi Bisnis Berbasis TI: Menggunakan SPSS dan Excel untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.

Waluya, B. (2007). Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat untuk kelas XII Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : PT Setia Purna Inves.


View Counter: Abstract - 336 and PDF - 237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.