Deskripsi Minat dan Persepsi Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran
Abstract
Tujan penelitian ini untuk melihat minat dan persepsi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan survey. Populuasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dari dua sekolah yaitu SD Negeri 55/I Sridadi dan SD Negeri 80/I Muara Bulian tahun pelajaran 2018/2019. Pemilihan sampel menggunakan teknik pemilihan total sampling, dengan jumlah sampel 98 siswa dengan rincian 43 siswa SD Negeri 55/I Sridadi dan 55 siswa SD Negeri 80/I Muara Bulian. Pengambilan data diperoleh dengan menyebarkan angket minat dan angket persepsi dengan nilai reliabilitas masing-maisng angket alpa Cronbach sebesar 0,8. Hasil temuan penelitian pada minat siswa dominan dengan kategori Baik sebesar 69,4% (68 dari 98 siswa) dan persepsi siswa dominan dengan kategori Cukup sebesar 70,4%(69 dari 98 siswa)
This research was to see the interests and perceptions of elementary school students. This survey was a quantitative study with a survey design. The population in this study were fifth grade students from two schools namely SD Negeri 55 / I Sridadi and SD Negeri 80 / I Muara Bulian in the academic year 2018/2019. The sample selection uses a total sampling technique, with a total sample of 98 students with details of 43 students from SD Negeri 55 / I Sridadi and 55 students from SD Negeri 80 / I Muara Bulian. Retrieval of data obtained by the questionnaire of interest and perception questionnaire with the reliability value of each questionnaire alpa Cronbach of 0.8. The findings of research on the interests of dominant students in the Good category amounted to 69.4% (68 of 98 students) and the perception of dominant students in the Fair category amounted to 70.4% (69 of 98 students)Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya D.Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sap. 1(2). 165-174.
Agustami, R. P. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 96–103
Ariawan, B., & Muhsetyo, G. (2017). Pengembangan Edutainment Multimedia Belajar Program Linier Siswa SMK. (1), 780–789
Astalini, Kurniawan, D.A, Putri, A.D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial Dari Ipa, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar Ipa, Dan Ketertarikan Berkarir dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7(2), 93-108
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi. 13(2), 161-174
Darmaji., Kurniawan, D.A., Suryani, A., & Lestari, A. (2018). An Identification Of Physics Pre-Service Teachers' Science Process. Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 7(2), 239-245.
Doriza, S., & Sunawar, A. (2015). Pengembangan Sumber Belajar Ekonomi Keluarga Berbasis CD Interaktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 64–70.
Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students. Infinity Journal, 7(2), 109.
Heriyati. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 7(1), 22-32.
Juanda, E. A. (2011). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dasar-Dasar Mikrokontroler. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(17), 439–444.
Khairani, M. (2013). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaya Pressindo
Khairunnisa. (2017). Peran Guru Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 413-416.
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.
Kristanto, V. H. (2018). Metodelogi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: Deepublish.
Lestari, I.D,. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SD Negeri Cisalak. Jurnal SAP. 3(2), 137-142
Mursalin, Sulaiman, Nurmasyitah. (2017). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas Di Gugus Bungong Seulangakecamatan Syiah Kualakota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 105-114
Nafiati, D.A. (2018). Motivation, Creativity, and Self-Confidence as Forming Factors of Economic Learning Autonomy. Dinamika Pendidikan, 12(2), 182–195.
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah. 14(1), 49-55
Puspita, G.I., Monawati., & Elly, R. (2017). Korelasi Persepsi Siswa
Terhadap Pembelajaran Matematika Dengan Hasil Belajarnya Di Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 47-58
Rahmayanti,V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Jurnal SAP. 1(2). 206-216
Ratminingsih, N.M. (2014). Implementasi board games dan pengaruhnya terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19-28.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Susanti, (2015). Pengembangan E-Modul Dengan Aplikasi Kvisoft Flipbokk Maker Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. UIN Sunan Kalijaga
Suwarjana. (2016). Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Andi Ofset
Undang-undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: PB PGRI, 2006.
Yudha. A.N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2. Jurnal Handayani. 7(2), 149-159
View Counter: Abstract - 569 and PDF - 644
Refbacks
- There are currently no refbacks.