Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita)

Uli Laela Rahma, Rahayu Pristiwati

Abstract

Pembelajaran keterampilan menyajikan teks persuasi secara tulis bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, perubahan sikap sosial, dan peningkatan keterampilan menyajikan teks persuasi secara tulis melalui model scaffolding dengan media kartalita pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang. Desain penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian keterampilan menyajikan teks persuasi secara tertulis melalui model scaffolding dengan media kartalita telah mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata – rata peserta didik sebesar 47,81 dan meningkat sebesar 20,7 % dengan nilai rata – rata pada siklus I sebesar 68,54. Sedangkan dari siklus I mengalami peningkatan sebesar 13,55% dengan nilai rata – rata siklus II sebesar 82,09. Simpulan penelitian ini ialah bahwa perubahan perilaku peserta didik dari siklus I ke siklus II berubah menjadi perilaku positif. Demikian pula dengan hasil peningkatan keterampilan menyajikan teks persuasi meningkat dan mencapai KKM.

Learning skills to present the persuasion text are intended to describe the learning process, a change of social attitude, and an improved ability to present the persuasion-based text through scaffolding models with kartalita media to the fourth-grade eighth class of the 4th semarang junior high. The design of the study used is the study of class action (PTK) done in two cycles. Research skills provided the persuasiatic text in writing through scaffolding models with kartalita media have experienced significant improvements. This is shown by the results of testing, cycles I and cycle II. At the equal-value equalizer stage - a flat learner of 47, 81 and a rise of 20.7 % with a level - average value on the I cycle of 68.54. Whereas from cycle I experienced a 13.55% increase with the average value of the second 82.09 cycle. The conclusion of the study was that the behavior changes learned from cycle I to cycle II turned into positive behavior. Similarly, the results of increased skill presenting text of persuasion are increasing and reaching KKM.

Keywords

teks persuasi; model scaffolding;media kartalita

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Damayanti, NW. (2015). Praktik Pemberian Scaffolding Oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar (SBM) Matematika. LIKHITAPRAJNA. 18(1), 85-95.

Kosasih dan Endang Kurniawan. (2018). Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, AW. (2012). Scaffolding Sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano. 3(2).

Mayawati, L. (2014). Penerapan Media Kartu Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurun Najah Sumberkima. E-jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1).

Nawawi. (2018). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Jakarta Timur. Jurnal IMAJERI. 1(01), 52-62.

Owon, R.A.S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(1), 532.

Pristiwati, R. (2013). Better Teaching And Learning (BTL) Untuk Meningkatkan Pengajaran Profesional dan Pembelajaram Bermakna Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 30(1), 61-72.

Tarigan, H.G. (1982). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


View Counter: Abstract - 1193 and PDF - 860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.