Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Office SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelatihan media pembelajaran microsoft office dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru, Sejauh mana keefektifan pelatihan media pembelajaran microsoft office bagi guru, dan mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan diterapkannya pelatihan media pembelajaran microsoft office di SMP Negeri 26 Purworejo. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan pra sikllus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian bahwa dengan adanya pelatihan mulitimedia pada media pembelajaran dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 26 Purworejo dalam menguasai materi pembelajaran sebesar 86%. Meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar pembelajaran sebesar 86%, Meningkatkan kemampuan guru Suruh dalam mengembangkan materi pembelajaran yang diampu sebesar 86%. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan memanfaatkan TIK pada media power point dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dengan adanya pelatihan multimedia dengan penggunaan media power point sebagai media pembelajaran dan meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar.
The purpose of this study is to describe microsoft office learning media training can improve teacher professionalism and competence, the extent of the effectiveness of microsoft office learning media training for teachers, and describe the advantages and disadvantages of implementing microsoft office learning media training at SMP Negeri 26 Purworejo. The research method in this study is the School action research method (PTS) with pre-cyclic action, cycle I, and cycle II. The results of the study that with multimedia training on learning media using power point media can improve the ability of teachers at SMP Negeri 26 Purworejo in mastering learning material by 86%. Improving the ability of teachers in mastering competency standards and basic competencies of learning by 86%, Increasing the ability of teachers Tell in developing learning materials that are taught by 86%. Improving the ability of teachers to develop utilizing ICT in power point media in the implementation of the learning activities process by 86%. Based on the results of the study it was found that the presence of multimedia training with the use of power point media as a medium of learning and increasing teacher professionalism in teaching.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto dan Tasrial. (2011). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia.
Depdiknas. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Kunandar (2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan. Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo.
Munthe, A. P (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. Bandung: Alfabeta.
Siahaan, S. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas.
Sudjana N dan Dharma, S. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tayibnapis, F.Y (2010). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta
Usman, M.U (2006). Menjadi guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wijayanti, I.D. (2011). Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta.
View Counter: Abstract - 607 and PDF - 545
Refbacks
- There are currently no refbacks.