Keefektifan Teknik Mind Mapping Berbantukan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Pangkep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan Teknik mind Mapping berbantuan gambar dalam pembelajaran menulis paragraf Deskripsi  siswa kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan, yaitu quasi eksperimen bentuk pretest-postest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 36 Biring Ere dan SDN 30 Panaikang kecamatan minasatene . Yang menjadi populasi, yaitu keseluruhan siswa IVa dan dan IVb yang berjumlah 60  siswa. Teknik pengambilan sampel, yaitu sampling jenuh.  kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tugas menulis paragraf Deskripsii dengan teknik pengumpulan data, yaitu pemberian tugas. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi  dengan menggunakan teknik mind mapping berbantuan gambar  pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90,27 dengan hasil uji N-gain 0,75 dalam kategori tinggi . Sedangkan hasil pembelajaran menulis paragraf Deskripsi  dengan menggunakan teknik mind mapping tanpa berbantuan gambar berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 82, 33 dengan hasil N-gain 0, 57 dalam ketegori sedang . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik mind mapping berbantuan gambar  dengan hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik mind mapping tanpa berbantuan gambar. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis inferensial jenis uji-t indenpen (independent sample test) diperoleh nilai t-hitung = 5,492 dengan signifikansi atau p = 0,000. Karena nilai p= 0,000 < 0,05, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara yang menggunakan teknik mind mapping berbantuan gambar dengan yang menggunakan teknik mind mapping tanpa berbantuan gambar  dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Dengan demikian, teknik mind mapping berbantuan gambar  efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar Kabupaten Pangkep.
This study aims to examine the effectiveness of image-assisted mind Mapping techniques in learning to write paragraph descriptions for grade IV students of elementary schools in Pangkep Regency. This type of research used in this research is experimental research. The research design used, namely the quasi-experimental form of pretest-posttest control group design. The research was conducted at SDN 36 Biring Ere and SDN 30 Panaikang, Minasatene sub-district. The population, namely the total number of students IVa and IVb, amounted to 60 students. The sampling technique, which is saturated sampling. class A as an experimental class and class B as a control class. The instrument used in this study was the task of writing the Description paragraph with data collection techniques, namely assigning tasks. The data collected was then analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed the learning outcomes of writing description paragraphs using image-assisted mind mapping techniques in the excellent category with an average value of 90.27 with N-gain test results of 0.75 in high category. While the learning outcomes of writing Description paragraphs using mind mapping techniques without image aids are in the good category with an average value of 82, 33 with N-gain results of 0, 57 in the medium category. This shows that there is a significant difference between the learning outcomes of writing description paragraphs using image-assisted mind mapping techniques and the learning outcomes of writing description paragraphs using mind mapping techniques without image-assisted techniques. Hypothesis test results using inferential analysis type indentpen t-test (independent sample test) obtained t-value = 5.492 with significance or p = 0.000. Because the value of p = 0,000 <0.05, it is concluded that there are significant differences between those who use image-assisted mind mapping techniques and those who use mind mapping techniques without image-assisted learning in learning to write paragraphs of description. Thus, image-assisted mind mapping techniques are effectively used in learning to write paragraph descriptions for grade IV elementary school students in Pangkep Regency.ÂKeywords
Full Text:
PDFReferences
Atmazaki (2013). Mengungkap masa depan : inovasi pembelajaran BI dalam konteks pengembangan karakter cerdas. Makalah. Padang: UNS
Azisah, S. (2013). Efektifitas Penggunaan Strategi Mind Mipping Mata kuliah Writing. Jurnal Nuansa, 10(2).
Bagus, I., P. (2015). Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal pendidikan Indonesia 4(2).
Buzan, T.(2012). Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-Undang no 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Nurgiantoro, B. (2016).Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta. BPFE.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widura, Susanto (2013).Mind Map untuk siswa guru dan orang tua. Jakarta: PT. Elex Media komputindo kelompok Gramedia
Wiyanto, A. (2012). Panduan karya tulis guru. Yogyakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yusrumaida (2018). Penerapan Teknik Mind Maping dalam meningkatkan keterampilan menulis. Jurnal of Education Action Research 2(2), 180-188.
View Counter: Abstract - 521 and PDF - 499
Refbacks
- There are currently no refbacks.