Pembelajaran Role Playing Berbasis Video dan Lagu Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam

Ika Ratih Puruhita

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa tentang mititigasi bencana alam melalui metode role playing berbasis video dan lagu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan data nilai ulangan harian dan metode tes untuk menentukan hasil belajar siswa. Inovasi pembelajaran mitigasi bencana alam dilaksanakan dalam rangka memberikan bekal untuk siswa melalui pembelajaran role playing berbasis video dan lagu. Data hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran Geografi menunjukkan peningkatan aktifitas kelompok untuk memahami tugas yang diberikan yaitu pada  siklus 1 65,31% menjadi 80,30% pada siklus 2. Berarti terjadi peningkatan dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar 14.29 %. Sedangkan data hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam dari kondisi sebelum penelitian  yang tuntas KKM 78 sebanyak 19 siswa atau 52,78% menjadi 22 siswa atau 61,11% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 30 siswa atau 83,33% pada siklus 2. Hal itu berarti adanya peningkatan persentasi siswa yang tuntas KKM dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar 36,11%.

This research aims to improve students' understanding and learning outcomes about natural disaster mitigation through video and song-based role playing methods. The population in this study were students of class XI of SMA Negeri 1 Pati in 2018/2019. Retrieval of data obtained by the documentation method to obtain data on daily test scores and test methods to determine student learning outcomes. Innovations in natural disaster mitigation learning were carried out in order to provide provisions for students through video and song-based role playing learning. Data observations of student activities in Geography learning showed an increase in group activity to understand the tasks given, namely in cycle 1 65.31% to 80.30% in cycle 2. It means an increase from initial conditions to cycle 2 was 14.29%. While the learning outcomes data shows an increase in understanding and learning outcomes on the subject matter of natural disaster mitigation and adaptation from conditions before the completion of the KKM 78 study by 19 students or 52.78% to 22 students or 61.11% in cycle 1 and increased to 30 students or 83.33% in cycle 2. That means an increase in the percentage of students who completed the KKM from initial conditions to cycle 2 of 36.11%.

Keywords

role playing; video lagu; mitigasi bencana alam

Full Text:

PDF

References

Anitah, S. (2011). Materi Pokok Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakaarta: PT Bumi Aksara.

Apriantika Khoirun N. (2017). Kerucut Pengalaman Edgar Dale.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2017). Potensi dan Ancaman Bencana. Jakarta: BNPB

Baroroh, K. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(2)

E.S. Nugroho, S.G.E.P. Lawuningrum, W. Widayati, R. Noviani. (2013). (Seri Pakem Geografi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial untuk SMA/MA X). Surakarta : Mediatama.

Ekawarna. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press.

Iryanto, D. (2010). Penerapan Metode Role Playing dalam Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Aktivitas, Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Karangbesuki 1 Malang. Hasil penelitian dalam metode Role Playing dalam Pembelajaran PKn siswa kelas V di SDN Karangbesuki 1 Malang. Dalam http://library.um.ac.id di akses 11 Mei 2015.

Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press

Peraturan Presiden RI No. 87 tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

UU Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana


View Counter: Abstract - 527 and PDF - 479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.