Pemetaan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Artikel Hasil Penelitian yang layak terbit di Jurnal Ilmiah

Andi Haris Haris, Suharli Suharli

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk melihat pemetaan kompetensi guru sekolah dasar dalam penyusunan karya tulis ilmiah pada 15 sekolah dengan jumlah 30 guru yang dilibatkan. Penilaian pemetaan kompetensi penyusunan karya tulis mencakup format naskah, lreativitas gagasan, topik yang dikemukakan, data dan sumber informasi, analisis, sintesis dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima pemetaan kompetensi penyusunan karya tulis ilmiah masih kurang dari cukup dalam peningkatan kapasitas profesi. Adapun penyebabnya adalah tidak memiliki cukup waktu luang, referensi yang sangat terbatas, penguasaan metode penelitian yang kurang, temuan gagasan masih kurang, dan sumber data belum tulis dengan baik.

This study aims to look at the mapping of elementary school teacher competencies in the preparation of scientific papers in 15 schools with a total of 30 teachers involved. The assessment of the competency mapping of writing papers includes the text format, creativity of ideas, the topics raised, data and sources of information, analysis, synthesis and conclusions. The results of the study indicate that the five-competency mapping compilation of scientific papers is still insufficient in increasing professional capacity. The cause is not having enough free time, very limited references, lack of mastery of research methods, findings of ideas are still lacking, and data sources have not been well written.

Keywords

Teacher Competence Mapping; Primary School; Scientific Journals

Full Text:

PDF

References

Arta, K. S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17–32.

Arthur, R. (2018). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ISSN 1410-4725 (print) ISSN 2338-6061 (online). 22(1), 35–48.

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105–114.

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266.

Hafiar, H. (2015). Peningkatan Pendidikan dan Pengembangan Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Katapang melalui Partisipasi dalam Publikasi Akademis di Media Massa. Dharmakarya, 4(2), 88–92.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81.

Masduki, M., & Kholid, M. N. (2017). Pengembangan Kemampuan Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Matematika Sma/Smk Muhammadiyah Di Klaten Dan Sukoharjo. Warta LPM, 20(2), 120–127.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.

Pathuddin, Linawati, & Hamid, A. (2018). PKM Pelatihan Dan Workshop Penyusunan Dan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru SD Di Kecamatan Banawa Selatan. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 2(2), 78–82.

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23–34.

Shanmugasundaram, U., & Mohamad, A. R. (2011). Social and emotional competency of beginning teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1788–1796.

Suhandani, D., & Kartawinata, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2).

Sumarsono, R. B., Kusumaningrum, D. E., Djum, D., & Benty, N. (2018). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Sekolah Dasar. 1(2 April), 150–158.

Sutrisno, S., & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Dedicators Community, 3(1), 53–61.

Trisniawati, T.-, Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Sd Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77.


View Counter: Abstract - 506 and PDF - 940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.