Keefektifan Keterampilan Menyajikan Teks Eksplanasi Menggunakan Model Show Not Tell dan Scaffolded Writing Berbantuan Mobile Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis keefektifan pembelajaran menyajikan teks eksplanasi secara tulis dengan model show not tell berbantuan media mobile learning pada peserta didik kelas VIII SMP, (2) menganalisis keefektifan pembelajaran menyajikan teks eksplanasi secara tulis dengan model scaffolded writing berbantuan media mobile learning pada peserta didik kelas VIII SMP, (3) menganalisis perbedaan keefektifan pembelajaran menyajikan teks eksplanasi secara tulis dengan model show not tell dan model scaffolded writing berbantuan media mobile learning pada peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Semarang. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik probability sampling jenis sampling purpose yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Scaffolded writing berbantuan media mobile learning bertema gunung meletus lebih efektif dibandingkan menggunakan model show not tell.
This study aims: (1) to analyze the effectiveness of learning to present written explanatory texts with a show not tell model assisted by mobile learning media for grade VIII students in SMP, (2) to analyze the effectiveness of learning to present written explanatory texts with scaffolded writing models assisted by mobile learning media For students of class VIII SMP, (3) analyzing differences in the effectiveness of learning to present explanatory text in writing with the model show not tell and scaffolded writing models assisted by mobile learning media in students of class VIII SMP. This research uses quasi-experimental research with a nonequivalent control group design. The study population was all students of class VIII SMP Negeri 12 Semarang. The sample of this study was selected using probability sampling technique with the purpose of sampling type namely class VIII B as the experimental class 1 and class VIII D as the experimental group 2. The results of this study indicate that learning presents explanatory texts using Scaffolded writing models assisted by mobile learning media with the eruption-themed mount more effective compared to using the show not tell model.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, J. (2014). Keefektifan Model Scaffolded Writing Untuk Pembelajaran Menyusun Teks Tanggapan Deskriptif Pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. (DOCTORAL DISSERTATION). Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifin, R. (2014). Keefektifan Teknik Scaffolding dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Ali Maksum Krapyak Bantul Yogyakarta. (DOCTORAL DISSERTATION). Universitas Negeri Yogyakarta.
Deporter, B dan Hernacki, M. (2006). Quantum Learning: Unleashing The Genius In You. Jakarta: PT Mizan Pustaka.
Erlinawati, N. A., Suherman, U., & Darmawan, D. (2016). Media Pembelajaran Mobile Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Praktikum Mahasiswa Stikes Karsa Husada Garut. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 298-310.
Hasani, A. (2005). Ikhwal Menulis. Serang: Universitas Sultan Agung Tirtayasa Press.
Majid, A. (2012). Mobile Learning. Makalah. Universitas Pendidikan Indonesia.
Manalu, NPM. (2018). Pengembangan Bahan ajar menulis Teks Eksplanasi Berbasis Peta Pikiran Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Medan. (DOCTORAL DISSERTATION). Universitas Negeri Medan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. (2018). Keterampilan Dasar Menulis. Gorontalo: Globe Edit.
Tumiarti. (2018). Perbedaan Kemampuan Membaca dan Kemampuan Menulis Siswa di Sekolah Ber’KTSP’ dengan Ber’K13’. (DOCTORAL DISSERTATION). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
View Counter: Abstract - 151 and PDF - 183
Refbacks
- There are currently no refbacks.