Alternatif Perangkat Lunak Pendukung Belajar Di Rumah dan Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia

Alfa Narendra, Edi Subkhan, Hasan Mukhibad, Syukron Salam, Aji Purwinarko

Abstract

Sejak Maret 2020 sebagian besar siswa mengalami perubahan pola belajar akibat wabah covid19. Pengaturan sistem kerja selama wabah tetap memperhatikan dan tidak mengganggu kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, dengan pertimbangan kesehatan siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah (Kumolo, 2020, Anwar Makarim, 2020). Dalam pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR)-Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), satuan pendidikan dapat memilih pendekatan daring dan atau luring sesuai dengan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana (Na’im, 2020). Penelitian ini mengkaji pustaka terkait, secara deskriptif  kualitatif. Peneliti mencermati perangkat lunak yang digunakan dalam BDR-PJJ serta tantangannya. Dalam berbagai pola pelaksanaan BDR-PJJ, di berbagai kota / kabupaten di Indonesia. Penelitian ini juga mencakup berbagai tingkat pendidikan. Didapati bahwa 93.10% hambatan terkait jaringan internet, 95.24% terkait kuota internet, namun hanya 69.44% yang menyatakan hambatan dalam memahami materi. WhatsApp menjadi perangkat lunak utama dalam  BDR-PJJ, mendampingi Google Classroom, Zoom, Google Forms, adalah 3 yang paling banyak disebut.

Since March 2020, most students are experiencing changes in learning patterns due to the Covid19 outbreak. The management of the work system during the outbreak must pays attention to and does not interfere with the running of government and services to the community, with consideration of the health of all school members (Kumolo, 2020, Anwar Makarim, 2020). In the implementation of Learning From Home (BDR) - Distance Learning (PJJ), educational units can choose an online and / or offline approach according to the availability and readiness of facilities and infrastructure (Na'im, 2020). This research examines the related literature, descriptively qualitatively. Researcher were looking at the software used in the BDR-PJJ and its challenges. In various patterns of BDR-PJJ implementation, in various cities / districts in Indonesia. This research also covers various levels of education. It was found that 93.10% of barriers were related to internet networks, 95.24% were related to internet quotas, but only 69.44% stated obstacles in understanding the material. WhatsApp is the main software in BDR-PJJ, alongside Google Classroom, Zoom, Google Forms, are the 3 most mentioned.

Keywords

BDR-PJJ; tantangan; perangkat lunak

Full Text:

PDF

References

Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia: Journal of History Education, 2(1), 6.

Aini, R. N., & Riyantomo, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Bersama “Transpofun†Berbasis Android. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2). https://doi.org/10.36499/jinrpl.v1i2.2948

Almah, U., Thohari, M. I., & Lismanda, Y. F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Social Distancing Di SMKN 5 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 10.

Amalia, A. F. (2020). Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Matapelajaran IPS : Studi Kasus Siswa MTS Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik. Solidarity: Journal of Social Studies, 01(01), 12.

Amalia, A., & Fatonah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid- 19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 17.

Amiruddin, B. (2020). Persepsi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Belajar Dari Rumah. Jurnal As-Salam, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.146

Anand, S., Praksh, S., Mukherjee, A., & Kumari, S. (2020). Mobile app based digital interventions for agricultural students-empowering learners. Food and Scientific Reports, 1(2), 5.

Andini, Y. T., & Widayanti, M. D. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Bias Yogyakarta. Tarbiyatuna, 4, 11.

Anwar Makarim, N. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

bisnis.com. (2020, September 26). Operator Seluler Diminta Jaga Kualitas Jaringan Selama PJJ | Teknologi. Bisnis.Com. https://teknologi.bisnis.com/read/20200926/101/1296916/operator-seluler-diminta-jaga-kualitas-jaringan-selama-pjj

C.N.N. Indonesia. (2020). Bantuan Kuota Internet Dikirim Langsung ke Nomor Para Siswa. Nasional. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200828190602-20-540492/bantuan-kuota-internet-dikirim-langsung-ke-nomor-para-siswa

Dewi, M. S. (2020). Sequential Exploratory: Pembelajaran Seni Tari Bagi Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi Covid-19. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 18. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.6888

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3518

edutechnica. (2020). LMS Data – Spring 2020 Updates | edutechnica. https://edutechnica.com/2020/02/02/lms-data-spring-2020-updates/

Eko Yulianto, Putri Dwi Cahyani, & Sofia Silvianita. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp group dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jartika-Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 331–341. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.277

Farida, I., Sunarya, R. R., Aisyah, R., & Helsy, I. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z. UIN Sunan Gunung Djati.

Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 68–82. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591

Fitriyanto, H., Sudiana, I. K., & Wijaya, M. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. Jurnal Penjakora, 7(1), 12.

Google. (2020). Our products—Google. //www.google.co.id/products/

Hariyanti, D., Haq, A., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jember. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11.

Hidayati, S. (2020). Kendala Yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Dalam Mengikuti Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Seminar Proposal Penelitian Selama Masa Pandemi Covid-19. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 4(1), 40–51. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2151

Isnayni, M. Y., & Hermansyah, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring Terhadap Mahasiswa Tadris Biologi Dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 7.

Jabar, A., & Saberan, R. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Materi Program Linear Menggunakan Pembelajaran Daring Di STKIP PGRI Banjarmasin Tahun Akademik 2019-2020 (hlm. 40). STKIP PGRI Banjarmasin.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi (hlm. 10). LPPM UIN Sunan Gunung Djati.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. BAJ (Behavioral Accounting Journal), 3(1), 10.

Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 183. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224

Kats, Y. (Ed.). (2010). Learning Management System Technologies and Software Solutions for Online Teaching: Tools and Applications. IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-61520-853-1

kemdikbud. (2020, Maret 26). Kemendikbud Bekerja Sama dengan Operator Telekomunikasi Sukseskan Pembelajaran di Rumah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-bekerja-sama-dengan-operator-telekomunikasi-sukseskan-pembelajaran-di-rumah

Kharisma, N. N., & Roesminingsih, M. V. (2020). Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 7.

Koceva, A. (2020). Smartphones As Essential Educational Tools In The EFL Classroom. ВоÑпитание / Vospitanie - Journal of Educational Sciences, Theory and Practice, 11(15), 79–85.

kompas. (2020). Seorang Guru SD Positif Covid-19, Aktif Mengajar di Rumah Siswa Selama Pandemi Halaman all—Kompas.com. https://regional.kompas.com/read/2020/08/10/18512201/seorang-guru-sd-positif-covid-19-aktif-mengajar-di-rumah-siswa-selama?page=all

kompas tv. (2020). Tak Miliki Ponsel, 6 Siswa dan Guru Ini Datangi Bangunan Kosong untuk Tempat Belajar Sementara. KOMPAS.tv. https://www.kompas.tv/article/99040/tak-miliki-ponsel-6-siswa-dan-guru-ini-datangi-bangunan-kosong-untuk-tempat-belajar-sementara

Kresnapati, P., & Setiawan, D. A. (2020). Analisis perkuliahan daring mahasiswa PJKR Universitas PGRI Semarang sebagai dampak pandemi covid 19. Edu Sportivo, 8.

Kumolo, T. (2020). Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Lingkungan Instansi Pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Liputan6.com. (2020, April 20). Tuai Pujian, Guru Ini Mengajar dari Rumah ke Rumah karena Siswa Tak Punya Smartphone. liputan6.com. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4232333/tuai-pujian-guru-ini-mengajar-dari-rumah-ke-rumah-karena-siswa-tak-punya-smartphone

Loviana, S., & Baskara, W. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung. Epsilon, 1(2), 10.

M. Amin, F., & Sundari, H. (2020). EFL students’ preferences on digital platforms during emergency remote teaching: Video Conference, LMS, or Messenger Application? Studies in English Language and Education, 7(2), 362–378. https://doi.org/10.24815/siele.v7i2.16929

Machado, R. A., Bonan, P. R. F., Perez, D. E. da C., & Martelli Júnior, H. (2020). Covid-19 Pandemic and The Impact On Dental Education: Discussing Current and Future Perspectives. Brazilian Oral Research, 34, e083. https://doi.org/10.1590/1807-3107bor-2020.vol34.0083

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi. Khazanah Pendidikan, 14(1), 14.

Mauly, Y. K. (2020). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP IT Az-Zahra Sragen Tahun Pembelajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mei, E. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta). Jurnal Aksara Public, 4, 11.

Microsoft. (2020). Obrolan, Rapat, Panggilan, Kolaborasi | Microsoft Teams. https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/microsoft-teams/group-chat-software

Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 37–46.

Muyasaroh, H. (2020). Penerapan Google Classroom Pada Pembelajaran Pai Kelas Xi Jurusan Bisnis Daring Pemasaran (BDP) di SMK Negeri 1 Purwokerto Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri.

Nafiah, N. (2020). Penerapan Penerapan Manajemen Pembelajaran berbasis Daring dengan Menggunakan Aplikasi google Classroom untuk meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. Education and Human Development Journal, 5(1), 9–23. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1486

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Na’im, A. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nani Yuliantini, P. S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Pembelajaran Tematik Integratif Menggunakan Sistem Pembelajaran Daring Berbasis E-Learning Moodle pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 241. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3951346

Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546

Nuraeni, D., Azwar Uswatun, D., & Nurasiah, I. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kelas IV B SDN Pintukisi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 5 No 1 June 2020. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2915

Nursobah, A., & Dedih, U. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Literasi Informasi dalam Budaya Akademik Mahasiswa. UIN Sunan Gunung Djati.

Okezone. (2020, Juli 9). Sekolah di Tengah Pandemi, Guru di Malang Door to Door ke Rumah Siswa: Okezone News. https://news.okezone.com/. https://news.okezone.com/read/2020/07/09/519/2243871/sekolah-di-tengah-pandemi-guru-di-malang-door-to-door-ke-rumah-siswa

Oktaviani, I., Waspada, I., & Budiwati, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 (Ditinjau Dari Persepsi Siswa). Jurnal Ika : Ikatan Alumni PGSD Unars, 8(1), 11.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 10.

Pikiran Rakyat. (2020). Bupati Majalengka Usul Guru Datangi Rumah Siswa untuk Mengajar dalam Kelompok Kecil—Pikiran-Rakyat.com. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01580326/bupati-majalengka-usul-guru-datangi-rumah-siswa-untuk-mengajar-dalam-kelompok-kecil

Puspitaningsih, D., & Rachma, S. (2020). Persepsi Metode Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Mahasiswa STIKes Majapahit. Medica Majapahit, 12(1), 9.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. 7.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 6.

Rojabi, A. R. (2020). Exploring EFL Students’ Perception of Online Learning via Microsoft Teams: University Level in Indonesia. English Language Teaching Educational Journal, 3(2), 11.

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Sahroni, O., & Nuryuniarti, R. (2020). Respon Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pancasila. Jurnal Education and development, 8(3), 5.

Sidiq, D. A. N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(3), 243–250. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.31

Soraya Djamilah, & Ahmad Lazwardi. (2020). Pembelajaran Daring Struktur Aljabar dan Analisis Real Pada Masa Pandemi. Jartika-Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 403–409. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.304

suarajabar. (2020, Juli 27). Jalan Panjang Guru di Sukabumi Sambangi Siswa untuk Mengajar Saat Pandemi. suara.com. https://jabar.suara.com/read/2020/07/27/043000/jalan-panjang-guru-di-sukabumi-sambangi-siswa-untuk-mengajar-saat-pandemi

Suci, M. P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’arif Sarolangun. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1(2), 10.

Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(1), 7.

Swastika, A., & Lukita, G. (2020). Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Learning Management System (LMS) Schoology Pada Mata Kuliah Probabilitas. Indonesian Journal of Instructional Technology, 5.

Telupun, D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Edutainment Untuk Memotivasi Peserta Didik Selama Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 9.

Tempomedia. (2020, Agustus 8). Tanpa Internet dan Gawai, Perjuangan Guru dan Murid Belajar Saat Pandemi. Tempo. https://majalah.tempo.co/read/nasional/161153/tanpa-internet-dan-gawai-perjuangan-guru-dan-murid-belajar-saat-pandemi

Umairah, P. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan “Google Classroom†Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota. Journal On Education, 02(03), 11.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Webex. (2020). Free Video Conferencing & Online Meetings | Cisco Webex. WebEx. https://www.webex.com/video-conferencing

WhatsApp. (2020). WhatsApp Features. WhatsApp.Com. https://www.whatsapp.com/features/?lang=en

Widayati, S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 5.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 41. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2214

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 9.

Zoom. (2020). Video Conferencing, Web Conferencing, Webinars, Screen Sharing. Zoom Video. https://zoom.us/


View Counter: Abstract - 1802 and PDF - 1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.