Perbandingan Media Gambar dan Kartu Kata terhadap Kemampuan Menulis kalimat sederhana Siswa Kelas II kab. Barru.

Kartini Pammu, Munirah Munirah, Syafruddin Syafruddin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji Perbandingan Kemampuan Menulis kalimat sederhana Siswa Kelas II SD Inpres No 12 Mareto Kec Tanete Rilau Kabupaten Barru dengan menggunakan media gambar dan media kartu kata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan, yaitu quasi eksperimen bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres No 12 Mareto Kec Tanete Rilau Kabupaten Barru. Yang menjadi populasi, yaitu keseluruhan siswa II yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel, yaitu sampling jenuh.  Instrumen yang digunakan  dalam penelitian ini berupa tugas menulis kalimat sederhana dengan teknik pengumpulan data, yaitu pemberian tugas dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan dengan uji t taraf signifikan sebesar 0.004, karena nilai p= 0.004<0.005, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan menulis kalimat sederhana yang diperoleh siswa setelah penerapan media pada masing-masing kelompok.

The purpose of this study was to examine the Comparison of the Ability to Write Simple Sentences for Class II Students of SD Inpres No 12 Mareto, Tanete Rilau District, Barru Regency using picture media and word card media. This type of research used in this research is experimental research. The research design used was a quasi-experimental pretest-posttest control group design. This research was conducted at SD Inpres No. 12 Mareto, Tanete Rilau Subdistrict, Barru Regency. The population, namely all students II, amounting to 30 students. The sampling technique, namely saturated sampling. The instrument used in this study was the task of writing simple sentences with data collection techniques, namely giving assignments and analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed a significant level test of 0.004, because the value of p = 0.004 <0.005, which means that there are differences in the ability to write simple sentences obtained by students after the application of the media in each group.

Keywords

Media Gambar dan Kartu Kata; Menulis kalimat sederhana

Full Text:

PDF

References

Anita, W. (2014). Educational Psychology. Boston: Pearson Educational.

Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, S. (2013). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. PGPAUD Kampus UPI Cibiru.

Churiyah, H.D. (2014). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dikelas Rendah. Bandung: UPI Press.

Djamarah, S.B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2012). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Resmini, D. (2012). Pembinaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bahasadan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Sudjana, N dan Rivai. A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suyatinah. (2015). Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis Dikelas II Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 3.

Syamsi, K. (2014). Peningkatan Keterampilan Siswa SD Dalam Menulis. In L. Penelitian. Yogyakarta: IKIP.

Tarigan, H. (2014). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


View Counter: Abstract - 434 and PDF - 310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.