Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android
Abstract
Pembelajaran dengan sistem jarak jauh pada masa wabah Covid-19 menimbulkan kendala, salah satunya guru kesulitan dalam memberikan penjelasan ataupun pemahaman terkait materi pelajaran yang membutuhkan penggunaan media sebagai alat bantu pembelajaran. Keterbatasan inilah yang mendorong terciptanya Media Interaktif Berbasis Android yang dapat di akses mandiri sebagai media dan sumber belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Methods) dalam bentuk Convergent Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD yang ada di Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wonosari dan SD Negeri 3 Wonotirto. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi dan tes tertulis kepada para siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji t-test dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbantuan media interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep siswa pada materi konsep rangka manusia dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media video powerpoint pada aplikasi whatsapp (presentase ketuntasan kelas eksperimen yang meningkat sebanyak 77,78% dibandingkan kelas kontrol yang hanya sebesar 66,66%). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman konsep siswa dengan hasil belajar siswa, setelah diterapkan media interaktif berbasis android (berdasarkan perhitungan koefisien determinan atau R square, pemahaman konsep dapat memberikan pengaruh sebesar 35,5% terhadap kenaikan hasil belajar siswa). Skor di kelas eksperimen dengan penggunaan media interaktif berbasis android lebih tinggi daripada skor di kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran video powerpoint.
Abstract Learning with a remote system during the Covid-19 outbreak caused obstacles, one of which was the difficulty of teachers in providing explanations or understanding regarding subject matter that required the use of media as a learning aid. This limitation has led to the creation of Android-based Interactive Media that can be accessed independently as a medium and learning resource for students. This study aims to analyze the effect of using Android-based interactive media on conceptual understanding and student learning outcomes. This study uses a mixed research method (Mixed Methods) in the form of Convergent Design. The population in this study were elementary school students in Bulu District, Temanggung Regency. The sample of this research was the fifth-grade students of SD Negeri Wonosari and SD Negeri 3 Wonotirto. The research data were collected by observing and writing tests to the students. Data were analyzed using descriptive analysis, t-test and N-gain test. The results showed the following: (1) There was an effect of the application of the learning model assisted by interactive media based on android on students' conceptual understanding of the human skeleton concept material compared to learning using video PowerPoint media in the WhatsApp application (the percentage of completeness of the experimental class increased by 77.78% compared to the control class which was only 66.66%). (2) there is a positive and significant relationship between students' conceptual understanding and student learning outcomes, after implementing Android-based interactive media (based on the calculation of the determinant coefficient or R square, understanding the concept can have an effect of 35.5% on the increase in student learning outcomes). The scores in the experimental class using Android-based interactive media were higher than the scores in the control class using PowerPoint video learning media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i.
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 4(1) 13-26.
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18-26.
Garris, R., Ahlers, R., & Driskell, J. E. (2002). Games, Motivation, and Learning: A Research and Practice Model. Simulation & Gaming, 33(4), 441-467
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.
Mawardi, A. (2011). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen Di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal BISSOTEK, 6(1), 1-13.
Maharbid, D.A. (2019) Pengembangan Prototipe Mobile Game Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Dan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Muyaroah, S, Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Biologi. Iinovative Journal of Curriculum ang Educational Technology IJCET 6
Nastiti, F. N. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 8-15.
Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial dengan Hasil Belajar IPS Materi PPH. Buana Matematika. 9(1): 1-6.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Ronimus, M., Kujala., J., Tolvanen, A. & Lyytinen, H. (2014). Children's engagement during digital game-based learning of reading: The effects of time, rewards, and challenge. Journal Computer& Education Vol. 71 February 2014, Pages 237-246
Tafonao, T. (2018). Peranan Media pembelajaran dalam meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) utuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar.
Usmeldi. (2017). Efektifitas penerapan media pembelajaran interaktif dengan software autorun untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 79-85
Wardani, S, Lindawati, L, Kusuma, S.B.W. (2017). The Development of Inquiry By Using Android-System-Based Chemistry Board Game to Improve Learning Outcome and Critical Thinking Ability.
View Counter: Abstract - 3216 and PDF - 1817
Refbacks
- There are currently no refbacks.