Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Menggunakan Mind Mapping Kelas VII SMP Negeri 2 Brebes

Maila Shofa Maghfiroh, Danar Aris Prasetyo, Fauzan Fuad Arkan Nugroho, Nur Faizah Faizah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan mind mapping pada pembelajaran IPA materi Pencemaran Lingkungan, hasil belajar, dan perubahan perilaku  pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Brebes. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus. Siklus I maupun siklus II berlangsung dalam 2 kali pertemuan (4x40 menit). Langkah-langkah dalam siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil yang diperoleh adalah Aktivitas selama proses pembelajaran memperoleh hasil siklus I mencapai kategori baik dengan persentase 84,61%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,23% dengan kategori sangat baik, Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori baik yaitu 82,14%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,85% yang termasuk kedalam kategori sangat baik dan peningkatan hasil belajar siswa memperoleh hasil siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 59,37% dari KKM yang telah diterapkan yaitu 85%. Namun terjadi peningkatan pada siklus ke II hingga mencapai 87,50%.

The purpose of this study was to describe the application of mind mapping in science learning about environmental pollution, learning outcomes, and behavior change in class VII A students of SMP Negeri 2 Brebes. This research was conducted using Classroom Action Research method consisting of 2 cycles. Cycle I and cycle II took place in 2 meetings (4x40 minutes). The steps in the cycle consist of planning, implementation, action, observation and reflection. The results obtained are the activities during the learning process obtained the results of the first cycle reaching a good category with a percentage of 84.61%, in the second cycle it increased to 94.23% with a very good category, student activities in the first cycle reached a good category, namely 82.14%. , the second cycle increased to 92.85% which was included in the very good category and the increase in student learning outcomes obtained the results of the first cycle the classical student learning completeness level only reached 59.37% of the KKM that had been applied, namely 85%. However, there was an increase in the second cycle to reach 87.50%

Keywords

mind mapping; pembelajaran IPA; penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References

Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Mapping. Jogjakarta: mitra belajar

Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmayoga, I. W., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

De Porter, B. dan Hernacki (2008). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa.

Dewi, N. K. P., Suandi, I. N., & Artawan, G. (2014). Implementasi Model Mind Mapping (Peta Pikiran) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMK Pariwisata Dalung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).

Hasanah, S. I., & Jannah, U. R. (2013). Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segiempat. Himpunan Matematika Indonesia, KNPM V, hlm, 594-601.

Hermawan, I. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 109.

Iskandar, (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Gaung Persada Press.

Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembagan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Kurniawati, D, D. (2010). Pengaruh Metode Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010. (DOCTORAL DISSERTATION). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Meutia, S. (2008). Quantum Learning: membiasakan Belajar Nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Muhammad, F. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta. Ar-Ruzza Media. Halaman 206.

Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetesi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Prose Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Angkasa.

Purwanto, N. (2010). Prinsip – Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping SD Kelas III Kabupaten Ngada Flores. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 176-182

Safitri, D. (2016). Penerapan Metode Mind mapping Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Balangan 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perseda.

Swadarma, D. (2014). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


View Counter: Abstract - 473 and PDF - 315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.