Peningkatan Persepsi dan Motivasi Belajar Siswa SDIT Unggul Gemilang Melalui Home Based Project dalam Pembalajaran Daring

Rekka Artha Alifiananta, Yusdike Adystia, Khairul Anam, Meidina Rahmawati

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi guru dalam merancang pembelajaran supaya tetap efektif. Menurunnya persepsi dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA secara daring, menuntut guru mencari model belajar yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan persepsi dan motivasi belajar siswa melalui home based project pada materi IPA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan melibatkan keaktifan siswa. Subjek penelitian siswa kelas IV SDIT Unggul Gemilang yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan uji N-gain yang disebarkan menggunakan media google form. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan Home Based project dapat meningkatkan persepsi dan motivasi belajar siswa. Rata-rata Nilai N-Gain persepsi siswa sebesar 0,79 dengan kriteria tinggi. Sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan N-Gain juga memiliki kriteria tinggi yaitu 8.0.

The Covid-19 pandemic requires learning to be carried out online. This is certainly a challenge for teachers in designing learning so that it remains effective. The decline in students' perceptions and learning motivation in online science learning requires teachers to find the right learning model. The purpose of this research is to increase students' perception and motivation to learn through home-based projects on science material. The type of research is classroom action research (Classroom Action Research). The research was carried out in collaboration between researchers, teachers and involving students' activities. The research subjects were the fourth-grade students of SDIT Unggul Gemilang, totaling 20 students. Data collection techniques using simple observation and questionnaires. The data obtained were analyzed descriptively quantitatively. The data collection technique in this study used a questionnaire and the N-gain test which was distributed using google form media. Based on the results of the study, the application of Home-Based projects can improve students' perceptions and learning motivation. The average N-Gain value of students' perceptions is 0.79 with high criteria. While the increase in student motivation based on N-Gain also has a high criterion of 8.0.

Keywords

Home based project; Perseption; Motivation

Full Text:

PDF

References

Agustami, R.P., Wiyanto, W. and Alimah, S., (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1), pp.96-103.

Chinazzi, M., Davis, J.T., Ajelli, M., Gioannini, C., Litvinova, M., Merler, S., y Piontti, A.P., Mu, K., Rossi, L., Sun, K. and Viboud, C., (2020). The effect of travel restrictions on the spread of the 2019 novel coronavirus (COVID-19) outbreak. Science, 368(6489), pp.395-400.

Du, X., Su, L., & Liu, J. (2013). Developing sustainability curricula using the PBL method in a Chinese context. Journal of Cleaner Production, 61(2013): 80–88.

Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone.Jurnal Daya Matematis, 3 (3): 337-343.

Lathif, Y.F., Sudarmin, S. and Hartono, H., (2019). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Berpendekatan Stem-R Berbantuan Sholawat Sains. n Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 943-949).

Makena, T.H. (2013). nternationalisation of Engineering Education: Experiences from Project Based Learning Environment. The 4th International Research Symposium on Problem-Based Learning (IRSPBL).

Nurfitriyanti. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif. 6(2): 149-160.

Pramitasari, A., Indriana, Y., & Ariati, J. (2011). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi Undip 9 (1): 92-102.

Purandina, I.P.Y. and Winaya, I.M.A., 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290.

Septantiningtyas, N., (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), pp.131-135.

Singhal, T., (2020). A review of coronavirus disease-2019 (COVID-19). The indian journal of pediatrics, 87(4), 281-286.

Sobron, A.N. and Bayu, R., (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.

Sumarni. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya di Kelas V A Semester II bagi Siswa SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan. 9 (1): 39-50.

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Andi.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A.L., Hendriyani, Y., Ramadhani, D., Dewi, I.P., Darni, R., Betri, T.J., Susanti, W. and Sriwahyuni, T., (2020). Reviewing online learning facing the Covid-19 outbreak. Talent Development & Excellence, 12.

Wu, Y., Xu, X., Chen, Z., Duan, J., Hashimoto, K., Yang, L., Liu, C. and Yang, C., (2020). Nervous system involvement after infection with COVID-19 and other coronaviruses. Brain, behavior, and immunity, 87, 18-22.

Zhafira, N.H., Ertika, Y. and Chairiyaton, C., (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).


View Counter: Abstract - 278 and PDF - 186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.