Penerapan Pembelajaran Secara Daring Aplikasi Google Classroom Di SMPTK Galang Kasih.

I Dewa Agung Arta Nata Dewangga, I Nyoman Tri Anindia Putra

Abstract

Disini penulis telah memperoleh informasi utama mengenai hasil penelitian di SMPTK Galang Kasih dari penulis sebelumnya, terkait dengan pendekatan program pada semua bagian yang mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah secara keseluruhan. Kemudian penulis melanjutkan penampilannya terhadap program, penyediaan materi pembelajaran interaktif dari bahasa Inggris di sekolah yang terdiri dari pembuatan video pembelajaran interaktif dan pembuatan beberapa peralatan sekolah untuk akreditasinya (sesuai dengan hasil yang disepakati, setelah sebelumnya penulis melakukan evaluasi dengan semua anggota kelompok lain dan juga pendidik di sekolah terkait). Informasi lain dari penulis sebelumnya kepada, sebagian besar pendidik di sekolah masih kurang menguasai penggunaan teknologi lain untuk efektivitas pelaksanaan proses belajar mengajar mereka dan sekolah juga ingin melakukan akreditasi dan memerlukan identitas sekolah yang lengkap (logo dan lain-lain). Oleh karena itu, penulis disini perlu melanjutkan program kegiatannya sekaligus memperbaharui penelitiannya dengan menjadwalkan waktu pengambilan video pembelajaran dengan pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris dan juga mengumpulkan data/materi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan identitas sekolah. Diharapkan hasil akhir dari video pembelajaran interaktif dan peralatan sekolah ini dapat mengefektifkan setiap lini proses belajar mengajar yang ada, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan tentunya akan meningkatkan nilai setiap siswa dalam belajar. pembelajaran masa depan mereka. Selain itu, hasil akhir dari kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran berkelanjutan di masa yang akan datang oleh para pendidik di sekolah tersebut.

Here the author has obtained the main information regarding the results of research on SMPTK Galang Kasih from previous authors, related to the program approach to all parts that influence the teaching and learning process in the school. Then the author continued his performance towards the program, the provision of interactive learning materials from English at the school which consisted of making interactive learning videos and making several school equipment for their accreditation (as agreed with the results, after the previous author conducted an evaluation with all group members others and also educators in related schools). Others information from the previous authors to, most of the educators at the school still lacked mastery of the use of other technologies for the implementation effectiveness of their teaching and learning process and the school also wanted to carry out accreditation and required complete school identities (logos and others).  Therefore, the writer here needs to continue his program of activities and at the same time update his research by scheduling time for taking learning videos with educators from English subjects and also collecting data/materials that can be used as the basis for making school identities. It is hoped that the final results of the interactive learning videos and school equipment can streamline every line of the teaching and learning process in there, so can be able to increase student interest in learning and of course it will increase the value of each student in their future learning. In addition, the final results of this activity also can be used as a medium for sustainable learning in the future by the educators at the school.

Keywords

Media Pembelajaran Online; Stiki Kampus Mengajar

Full Text:

PDF

References

ditama, P. W., Putra, P. S. U., Yusa, I. M. M., & Putra, I. N. T. A. (2021). Designing augmented reality sibi sign language as a learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1).

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012038

Astari, I. A. G. R. W., & Putra, I. N. T. (2021). Analisis Sistem Informasi Kemdikbud pada SD Negeri 2 Dawan Klod Dengan System Usability Scale. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 4(1), 23-30.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Andriani, N., Suharli, S., & Amalia, R. (2021). Permasalahan Guru dan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Masa Pandemic Covid-19 (Studi Multi Kasus di SD Kabupaten Sumbawa). Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 185-189.

Fahadah, S. E., Nurika, N., & Lutfiyah, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 198-208.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Redoks (Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia), 3(2), 8-12.

Kartini, K. S., Tri, N., & Putra, A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4, 12–19.

Nyoman Tri Anindia Putra, I., Sepdyana Kartini, K., & Nyoman Widiyaningsih, N. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Ponisih, P. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Parikan Dengan Model Cermin Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 178-184.

Rerendo, E. F., Pangesti, G. D., Mukarromah, N. A. A., Putri, V., Zulkardi, Z., & Sari, N. (2021). Peningkatan Keprofesionalan Guru Matematika Selama Pandemi Melalui Pelatihan dan Pembinaan Guru. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 156-166.

Rusydiyah, E. F., Purwati, E., & Prabowo, A. (2020). How to use digital literacy as a learning resource for teacher candidates in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 305-318.

Setiawan, P.D; Kartini, K.S. I. N. T. A. P. (2021). Sosialisasi Video Animasi 2D Tentang Pengenalan Penggunaan Styrofoam Dan Bahan Alami Dalam Pembuatan Ogoh-Ogoh. Jurnal Widya Laksmi, 1(1), 31–36.


View Counter: Abstract - 138 and PDF - 139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.