Peningkatan Pemahaman Pelaku Pendidikan SMAN 3 Sidoarjo Terhadap AKM Melalui Aplikasi Pintarin

Deni Ainur Rokhim, Nur Indah Agustina, Muhammad Roy Asrori, Moch Chesa Nur Hidayat Arif Putra, Firda Amalia, Habiddin Habiddin, Ristiwi Peni, Bambang Wahyudi, Asnan Wahyudi

Abstract

AKM atau disebut dengan Asesmen Kompetensi Minimum salah satu instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang mendasar dalam aspek kognitif seperti literasi membaca dan numerasi. Melalui AKM pendidik dapat mengembangkan diri untuk bisa berkontribusi lebih kepada masyarakat. Oleh karena itu, artikel ini membahas mengenai Pemahaman guru selaku pelaku Pendidikan terhadap AKM melalui aplikasi Pintarin.id yang dapat memudahkan dalam proses penyusunan soal AKM. Responden sebanyak 48 berasal dari kalangan pendidik atau guru di SMAN 3 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan pemahaman AKM yaitu konstruksi AKM lebih menekankan pada aspek konten, proses kognitif dan konteks sesuai penjelasan dari kemendikbudristek. Selain itu, interpretasi hasil AKM digunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran untuk kedepannya.

AKM or known as the Minimum Competency Assessment is one of the instruments for assessing student learning outcomes that are fundamental in cognitive aspects such as reading literacy and numeracy. Through AKM educators can develop themselves to be able to contribute more to the community. Therefore, this article discusses the understanding of teachers as actors in education towards AKM through the Pintarin.id application which can facilitate the process of preparing AKM questions. 48 respondents came from educators or teachers at SMAN 3 Sidoarjo. The results showed that there was a change in AKM understanding, namely AKM construction emphasized more on aspects of content, cognitive processes and context according to the explanation from the Ministry of Education and Culture. In addition, the interpretation of AKM results is used to improve the quality of learning in the future

Keywords

Minimum Competency Assessment; Literacy; Numeracy; Smart

Full Text:

PDF

References

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). View of Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-90

Ariyadi. (2021). Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Tindak Lanjutnya. https://www.ariyadi.com/2021/02/laporan-hasil-asesmen-kompetensi.html

Deviana, T., Fitri, D., & Aini, N. (2022). Assistance Of Minimum Assesment Literacy Towards A National Assessment As Teacher Competency Development At Kkg Sd Gugus V, Kec. Tumpang. Abdimas Galuh : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 440–452.

Familiyana, L., Harjono, H. S., & Suryani, I. (2022). View of Persepsi Guru terhadap Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca di SMP. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 74-85.

Hartati, S. (2017). Pengembangan Model Asesmen Perkembangan Anak Taman Kanak- Kanak Di Dki Jakarta. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 19. https://doi.org/10.21009/jpud.111.02

Indahri, Y., Penelitian, P., Keahlian, B., Ri, D., Jenderal, J., & Subroto, G. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2), 195–215. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Mendikbud. (2020). AKM Dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Novita, N. (2021). Asesmen Nasional: Pengetahuan Dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5, 174.

Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 13–24.

Putika, V., S., & Sayekti, I. C. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5237–5243.

https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2907

Rokhim, D. A., Agustina, N. I., Asrori, M. R., Chesa, M., & Hidayat, N. (2022). Profil Kebutuhan Dan Pemetaan Pemahaman Pelaku Pendidikan Sman 3 Sidoarjo Terhadap Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan.


View Counter: Abstract - 119 and PDF - 138