Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kontekstual siswa kelas VI SD Negeri 2 Manggungmangu Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI di SD Negeri 2 Manggungmangu berjumlah 15 siswa, terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dan kompratif. Teknik analisis interaktif mencakup kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarika kesimpulan. Sedangkan, teknik analisis komparatif yaitu kegiatan membandingkan hasil tiap siklus dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor di siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 72,3 meningkat pada siklus II menjadi 81,6. Pada aspek kognitif berdasarkan hasil tes di siklus I dengan ketuntasan belajar 60%, kemudian meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar 87%.
This study aims to determine the increase in mathematics learning outcomes through a contextual learning model for class VI students at SD Negeri 2 Manggungmangu, Kendal Regency, for the 2019/2020 academic year. This research was a action research with 15 students in class VI at SD Negeri 2 Manggungmangu consisting of 9 boys and 6 girls. Data collection techniques using observation techniques, interviews and tests. While the data analysis technique uses interactive and comparative analysis techniques. Interactive analysis techniques include data reduction activities, data presentation and drawing conclusions. Meanwhile, the comparative analysis technique is the activity of comparing the results of each cycle with the Minimum Completeness Criteria (KKM). The results showed that student learning outcomes in affective and psychomotor aspects in cycle I with classical learning mastery of 72.3 increased in cycle II to 81.6. On the cognitive aspect based on test results in cycle I with 60% mastery learning, then increased in cycle II with 87% mastery learningKeywords
Full Text:
PDFReferences
Adjie, N. & Maulana. (2016). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press
Aisyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD Bahan Ajar Cetak. Ditjen Dikti. Jakarta
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Budiyanto, A.K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Heruman. (2018). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hikmasari, P., Asih, T. S. N., & Prabowo, A. (2020). Bagaimanakah Audience Feedback Mempengaruhi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah? Studi dalam PBL dengan Lingkungan Blended Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 194-203.
Muliawan, J.U. (2016). Model pembelajaran spektakuler. Jakarta: Ar-Ruzz media
Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN - Maliki Press.
Pambudiarso, R. B., Mariani, S., & Prabowo, A. (2016). Komparasi kemampuan pemecahan masalah materi geometri antara model SPS dan model sps dengan hands on activity. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 1-9.
Prihandoko, A.C. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Depdiknas. Jakarta.
Rianto. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional
Sani, R.A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Solichin, M.M. (2012). Psikologi Belajar Aplikasi Teori-teori Belajar dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: SUKA-Press
Suwangsih, E. (2016). Model Pembelajaran Matematika. UPI PRESS. Bandung. https://rumusrumus.com/prisma-segitiga/
Wale, J.A. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Terjemahan dari Suyono Elementary and Middle School Mathematics. Erlangga. Jakarta.
View Counter: Abstract - 342 and PDF - 240
Refbacks
- There are currently no refbacks.