Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning dengan Metode Market Place Activity Siswa Kelas XI IPS

Sri Wiyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model discovery learning dengan metode Market Place Activity. Penelitian ini menggunakan desain model Stephen Kemmis dan Robbin Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refeleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 semester 1 SMA Negeri 1 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan rumus porsentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan metode Market Place Activity dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. dari data awal angket yang semula 75,5% menjadi 80%. Hasil observasi siklus I dan II meningkat dari 74% menjadi 79%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 72 dan siklus II mencapai 85,61. Nilai pos-tes dari kedua siklus meningkat sebesar 13,61. Sedangkan prosentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (70) dari siklus I sebesar 69%, kemudian siklus II terjadi peningkatan menjadi 97%.

The purpose of this study was to determine the increase in motivation and student learning outcomes through the discovery learning model with the Market Place Activity method. This study uses the design model of Stephen Kemmis and Robbin Mc. Taggart is carried out in two cycles, where each cycle consists of planning, action, observing, and reflecting stages. The research subjects were students of class XI IPS 3 semester 1 of SMA Negeri 1 Semarang. Data collection techniques using observation, questionnaires, and tests. While the data analysis technique uses the percentage formula. The results showed that the discovery learning model with the Market Place Activity method can increase student motivation and learning outcomes. from the initial questionnaire data which was originally 75.5% to 80%. Observation results of cycles I and II increased from 74% to 79%. Student learning outcomes in cycle I reached 72 and cycle II reached 85.61. The post-test scores of the two cycles increased by 13.61. While the percentage of students who scored above the KKM (70) from cycle I was 69%, then cycle II increased to 97%.

Keywords

Learning Motivation; Learning Outcomes; Discovery Learning; Market Place Activity

Full Text:

PDF

References

Brophy, J. (2004) Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.

Fitri, M dan Derlina (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Inpafi, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 89-96.

https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5130.

Hoover, J. R., Santrock, R. D., & James III, W. C. (2011). Ankle Fusion Stability: A Biomechanical Comparison of External Versus Internal Fixation. Orthopedics (Online), 34(4).

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25

Mafrijal (2020). Peningkatan Nilai Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Materi APBN APBD Melalui Model Market Place Aktivity (MPA) Kelas Xi-Iis-1 Semester Ganjil Di SMA Negeri 1 Mesjid Raya. Serambi PTK, 7(2), 205-218.

Mudjiran. (2021). Psikologi Pendidikan: Penerapan Prinsip-prinsip Psikologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pintrich, P. R. (2003). Motivation and classroom learning. In W. M. Reynolds & G. E. Miller (Eds.), Handbook of psychology: Educational Psychology, 7, 103–122. John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/0471264385.wei0706

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sofyan, E., & Virgantyani, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Aktivity Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP PGRI Kota Cimahi. Jurnal Iimiah, 4(2), 115

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugihartono (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan Problem Based Learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 80-89.


View Counter: Abstract - 490 and PDF - 401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.