Penggunaan Sensor Photodioda sebagai Sistem Deteksi Api pada Wahana Terbang Vertical Take-Off Landing (VTOL)

Erni Setyaningsih(1), Dhidik Prastiyanto(2), Suryono Suryono(3),


(1) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL) merupakan perlombaan pesawat tanpa awak dengan misi mendeteksi dan memadamkan api dengan atau tanpa menggunakan air. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem deteksi api pada wahana terbang VTOL yang efektif dan tidak memberatkan beban komputasi wahana terbang tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dilakukan dengan melakukan perancangan, penerapan metode, dan pengujian sistem deteksi api dengan menggunakan sensor photodioda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem deteksi api yang telah dibuat dapat bekerja dengan baik dan tidak mengganggu sistem kerja dari wahana terbang itu sendiri. Saran untuk peneliti berikutnya agar wahana terbang VTOL mampu mendeteksi api pada jarak yang cukup jauh dapat menggunakan kamera yang beresolusi tinggi dan diimbangi dengan processor yang mumpuni.

Full Text:

PDF

References

Panitia KRTI. 2016. Buku Panduan KRTI 2016. Jakarta: DIKTI.

Abdullah, M. Fadhil. 2016. Implementasi Algoritma Pendeteksi Api Berdasarkan Komposisi Warna Citra Digital pada Quadcopter yang Bergerak Otomatis. Jurnal Universitas Telkom.

Jatmiko, Wisnu, dkk. 2012. Robotika: Teori dan Aplikasi. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indonesia.

Marjuni. 2015. Rancang Bangun Pema dan Api Menggunakan Sensor Infrared Berbasis Mikrokontroler ATmega8535. Jurnal Ilmiah Mahasiswa 4 (1): 68-81.

Rakib, Tawfiqur & M. A. Rashid Sarkar. 2016. Design and Fabrication of an Autonomous Fire Fighting Robot with Multisensor Fire Detection Using PID Controller. 5th International Conference on Informatics, Electronics and Vision (ICIEV). Bangladesh University of Engineering and Technology, Dhaka, Banghladesh. 909-914.

Alfith. 2016. Perancangan Robot Cerdas Pemadam Api dengan Sensor Thermal Array TPA 81 Berbasis Microcontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Tekin Elektri ITP 5 (2): 95-102.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Nasution, Nurmalia. 2015. Implementasi Sensor Fotodioda sebagai Pedeteksi Serapan Sinar Infra Merah pada Kaca. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika 3 (2): 111-116.

Anjaswati, Irma Tri. 2013. Sensor Photodioda. http://irmatrianjaswati-fst11.web.unair.ac.id.id/arikel_detail-84996-Sensorsensor%20photodioda.html. 8 Januari 2017 (19:20).

Hidayat, Latif. 2011. Prancangan Robot Pemadam Api Devisi Senior Berkaki. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika 14 (2): 112-116.

Syahwil, Muhammad. 2014. Spesifikasi Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta: Andi Publisher.

Djuandi, Feri, 2011. Pengenalan Arduino. Jakarta: Penerbit Elexmedia.

Saputra, Dendy Handy. 2016. Pembuatan Model Pendeteksi Api Berbasis Arduino Uno dengan Keluaran SMS Gateway. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Universitas Negeri Jakarta. 103-108.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.