Game Edukasi Pengenalan Warna Sebagai Media- Pembelajaran Anak Usia Prasekolah Berbasis Android
(1) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Abstrak - Perkembangan teknologi yang sangat pesat secara perlahan hadir di dunia pendidikan. Game edukasi merupakan bentuk dari multimedia yang mengemas program pembelajaran berwujud game, jadi di samping bersifat permainan, juga bersifat mendidik. Penelitian game edukasi pengenalan warna sebagai media pembelajaran berbasis Android dilaksanakan di TK Roudlotul Huda Sekaran, Gunungpati, Semarang menggunakan observasi sedangkan validitas game edukasi pengenalan warna sebagai media pembelajaran ini diuji berdasarkan lima kriteria, yaitu kriteria kebahasaan, kriteria keterlaksanaan, kriteria tampilan audio visual, kriteria rekayasa perangkat lunak, dan kriteria pendidikan menggunakan angket. Uji validitas media dilakukan di Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kemendikbud Semarang dan dua Dosen Multimedia jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, serta empat orang guru di TK Roudlotul Huda Sekaran. Hasil penelitian uji validitas menunjukkan bahwa game edukasi pengenalan warna sebagai media pembelajaran anak usia prasekolah berbasis android, termasuk dalam kategori sangat layak dengan prosentase 89,50%. Sementara itu, untuk kriteria pendidikan termasuk kategori layak dengan prosentase 74,00%. Hasil uji coba menggunakan observasi dari implementasi game edukasi pengenalan warna menunjukkan bahwa game edukasi mampu membangkitkan kreativitas dan aktivitas peserta didik dengan prosentase rata-rata sebesar 84,95% dan 79,24%. Secara keseluruhan, game edukasi pengenalan warna sebagai media pembelajaran anak usia prasekolah berbasis Android valid digunakan sebagai media pembelajaran dan berpengaruh positif terhadap kreativitas dan aktivitas siswa dalam mempelajari Warna.
Kata kunci— game edukasi, media pembelajaran, android
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.