KERANGKA EVALUASI PENGEMBANGAN TERMINAL BUS ANTAR KOTA

Totok Apriyanto(1),


(1) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Undaris Ungaran

Abstract

Development of an inter-city bus terminal with its evaluations frame set are intended to reduces traffic congestion, improve services and capacity of the terminal, drives city developing through city’s hinterland, and increasing internal city’s income. This study conducted to determine the location of the new bus terminal based on the method of determining the location along with the theoritical assumption approach. Local governments must integrating between the various transportation modes and inter-city bus operator’s needs, inter-city bus terminal derived from traffic evaluation, the level of congestion, air pollution levels, the impact of the development of economic activities, and the level of community mobility. Study for developing better inter-city terminal location, can be more acceptable for users and bus operators, so terminal relocation won’t be the only choice we had.

Pengembangan suatu terminal bus antar kota dengan kerangka evaluasinya dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu-lintas, meningkatkan pelayanan pengguna jasa dan kapasitas terminal, mengarahkan pembangunan ke pinggiran kota, serta meningkatkan pendapatan asli daerah. Studi dilakukan untuk menentukan lokasi terminal bus baru dengan menerapkan metode penentuan lokasi beserta asumsi pendekatan teoritisnya.  Pemerintah daerah harus melakukan integrasi antar berbagai moda transportasi dan kepentingan operator kendaraan antar kota, sehingga terwujud suatu pengembangan terminal bus antar kota dengan mengevaluasi tingkat kemacetan lalulintas, tingkat polusi udara, dampak pengembangan aktivitas ekonomi, dan tingkat mobilitas masyarakat. Kajian tentang pengembangan terminal menjadi lebih baik dan keberadaan terminal bus antar kota lebih bisa diterima oleh pengguna dan operator bus, sehingga tidak akan terjadi lagi pengembangan terminal yang hanya memiliki salah satu alternatif yaitu pemindahan  lokasi  ke terminal  baru.

Keywords

bus station; evalution frame; traffic; terminal bus; kerangka evaluasi; lalu-lintas

Full Text:

PDF

References

Ben-Akiva, M dan Lerman, S, 2001, Discrete Choice Analysis, Theory and Aplication to Travel Demand, The MIT Press, Massachusets.

Boediyono, 2005, Rencana Relokasi Terminal Bus, Harian Bisnis Indonesia, 28 September 2005, Jakarta.

BPS, 2006, Profil Penduduk yang Melakukan Perjalanan Tahun 2006, Biro Pusat Statistik, Semarang.

Dimitriou, A, 1993, Urban Transport Planning : An Indonesian Illustration, Oxford University Press, London.

Kholik, A, 2004, Studi tentang Operasi Lalu-Lintas di Terminal Terboyo, Kota Semarang, Undip, Semarang.

Ibrahim, 1998, Penentuan Lokasi Terminal Bus Antar Kota di Kota Semarang dengan Menggunakan Metode Faktor Analisis, Magister ITB, Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.