Evaluasi Kapasitas Ruas Jalan Pantura Kabupaten Brebes
(1) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES)
(2) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES)
(3) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES)
(4) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Abstract
Brebes is one of the districts traversed by the road north coast. Congestion on roads pantura frequent because this road is a national road along the coast of the island of Java. Long road pantura Brebes ± 32.8 Km. The purpose of this study was to evaluate the capacity of roads pantura Brebes based on the volume of traffic there and know how big the relationship between the ratio of volume per capacity and traffic jams that occur on the road north coast Brebes. This research was conducted along the northern coast Brebes district. The data used are the characteristics data, inventory data path, the data traffic volume and vehicle speed data. Analysis was conducted on the Analysis of Traffic Volume, capacity analysis segment, analysis of vehicle speed, intersection capacity analysis, the analysis of the degree of saturation, analysis level of service redesign and analysis of road.
Brebes merupakan salah satu kabupaten yang dilalui oleh jalan pantura. Kemacetan pada jalan pantura sering terjadi karena jalan ini merupakan jalan nasional di sepanjang pesisir Pulau Jawa. Panjang jalan pantura Kabupaten Brebes ± 32,8 Km. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kapasitas ruas jalan pantura Kabupaten Brebes berdasarkan volume lalu-lintas yang ada dan mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara rasio volume per kapasitas dan kemacetan lalu lintas yang terjadi di jalan pantura Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilakukan di sepanjang jalan Pantura Kabupaten Brebes, yang dibagi dalam 16 ruas dan 15 simpang pada 5 kecamatan sepanjang Jalan Pantura. Data yang digunakan adalah data karakteristik jalan, data inventori jalan, data volume lalu lintas dan data kecepatan kendaraan. Analisis yang dilakukan meliputi Analisis Volume Lalu Lintas, analisis kapasitas ruas, analisis kecepatan kendaraan, analisis kapasitas simpang, analisis derajat kejenuhan, analisis tingkat pelayanan jalan dan analisis redesign jalan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Murtopo. 2013. Analisis Hubungan Rasio Volume per Kapasitas dan Angka Kecelakaan Lalu-lintas di Jalan Pantura Kabupaten Brebes. (Skripsi). Semarang. Universitas Negeri Semarang
Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : Bina Marga
Kementrian Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil ( rancangan 3 ) Kapasitas Simpang Tahun 2014. Jakarta. Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
........, 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu-lintas. Jakarta. Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
........, 2006. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu-lintas di Jalan. Jakarta. Wikipedia. 2015. Kapasitas Jalan. http://id.wikipedia.org/wiki/Kapasitas_J alan. Diunduh pada 10/10/2015 pukul 19.35
Nurul Fadhilah. 2013. Pengaruh Volume Kendaraan dengan Tingkat Kerusakan Jalan pada Perkerasan Rigid di Kota Semarang. (Skripsi). Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Octavianus E.T Dendo. 2013. Kajian Tingkat Pelayanan Jalan Bunderan PU Kota Kupang. (Jurnal). Kupang. Teknik Sipil Vol.III, No.1, April 2014.
Republik Indonesia. 2004. Undang-undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Jakarta.
Republik Indonesia. 1985. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 26 Tahun 1985 tentang Jalan. Jakarta.
Sumadi. 2006. Kemacetan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Veteran Kecamatan Brebes. (Tesis). Semarang. Universitas Diponegoro.
Refbacks
- There are currently no refbacks.