Penguatan Mental Kompetitif dalam Bidang Pencak Silat pada Anak-Anak Desa Gondoriyo Melalui GPS Champ

Ika Widyastuti(1), Syaifuddin Muhammad(2), Rifki S. Yusuf(3), Fajar S. Zaki(4), Atika Wijaya(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Mentalitas memiliki peran yang sangat besar bagi diri seseorang dalam menjalankan kehidupan di masyarakat.  Pentingnya mentalitas akan mempengaruhi daya saing pada diri seseorang. Mentalitas harus ditanamkan sejak dini pada diri seseorang. Hal tersebut digunakan untuk mengenal dirinya lebih jauh, kemudian mampu membaca situasi lingkungan disekitarnya dan merespon dengan segala perubahannya dengan solusi. Kemudian mengkomunikasikan solusi dari sebuah masalah dengan benar. Berdasarkan hasil survei ke lokasi diperoleh data bahwa, anak-anak di Desa Gondoriyo memiliki potensi diri pada bidang pencak silat namun prestasi yang diraih dari sebuah perlombaan masih sangat kurang. Ternyata hal tersebut terjadi karena kurangnya mentalitas pada diri. Dengan mentalitas bersaing akan lebih meningkat, sehingga anak-anak Desa Gondoriyo dengan keterampilan yang dimiliki berani untuk bersaing di taraf lokal hingga nasional. Tim KKN alternatif 1 UNNES 2020 mewadahi keterampilan pencak silat tahap awal yaitu seni yang telah dimiliki oleh anak-anak Desa Gondoriyo dengan sebuah kegiatan yang berjudul GPS CHAMP (Gondoriyo Pencak Silat Seni).

Full Text:

PDF

References

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. Diakses melalui https://kkbi.web.id/mentalitas, diakses pada 29 Februari 2020.

Setiowati, N. E. (2016). Muatan etika dan mentalitas pada kurikulum pendidikan akuntansi. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(2).

Purnomo, H. (2015). Peran Mentalitas dan Kreatifitas dalam Membentuk Entrepeneur UMKM yang berkarakteristik. Prosiding Seminar Nasional (Vol. 4).

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo