Bio Filter: Alternatif Budidaya Perikanan pada Kolam Bawal

Mohamad Fakih Maarif(1), Cahyo Yuwono(2),


(1) Prodi Gizi Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Biofilter merupakan salah satu metode sederhana yang dapat diterapkan untuk mendegradasi parameter-parameter pencemar yang ada di air limbah. Kegiatan sosialiasi Bio Filter merupakan media dan usaha untuk meningkatkan komoditas ikan bawal yang memiliki nilai  ekonomi  tinggi  dan  banyak  diminati  masyarakat.  Sepanjang  adanya  pandemi  Covid-19  serta  pembatasan  aktivitas  di  luar  rumah masyarakat  harus  merasakan  kesulitan  perekonomian  khususnya  dalam  segi  pangan  (baik  kualitas,  kuantitas,  ataupun  akses  pangan). Berdasarkan  analisis  situasi  saat  ini,  diketahui  bahwa  sebagian masyarakat di RT.026 RW.004 Desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal memiliki tempat pembudidayaan ikan, benih ikan diperoleh dari Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Tegal yang dekat dengan bendungan cacaban Kecamatan Kedung Banteng, sehingga pasokan air dapat diperoleh dari irigasi sungai arteri waduk. Kegiatan sosialisasi diharapkan dapat menjadi keterampilan baru terkait dengan peternakan bawal supaya tetap menjaga kualitas kolam sekaligus kualitas air dan kebersihannya dengan Bio-Filter, alat yang memiliki kemudahan pembuatan dan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan (biodegradable).

Full Text:

PDF

References

Adam, C.R., Early, M.P., Brook, J.E., Bam-ford, K.M. 2015.

Principle of Horti-culture. Routledge: London.

Istiqomah, S. 2015. BioFilter. Ganeca Exact: Bekasi. Kementrian Kelautan dan Perikanan. (www.statistik.kkp.go.id diakses pada 12 Juli 2021)

Lingga, P. 2006. BioFilter, solusi untuk peternak. Penebar Swadaya: Depok.

Mas’ud, H. 2019. Nutrisi Pakan dan Kolam Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Panen Ikan Bawal. Media Litbang Sulteng.131- 136.

Murali, M.R., Soundaria, M., Maheswari, V., Santhakumari, P., Gopal, V. 2011. Hy-droponics, a novel alternative for geo-ponic cultivation of medicinal plants and food crops. International Journal Pharmacy and Biology Science,

(2), 286-296.

Roberto, K. 2015. Biodegradable Material. Harvard University: Futuregarden Inc. London.

Design, 2000 BC--2000 AD. Oxford Press; New York.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo