Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Bakalan Kabupaten Kediri

Ali Mubarok(1),


(1) IAIN Kediri

Abstract

Pandemi Covid-19 sudah melanda hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. Covid-19 sudah menyebabkan impact pada banyak sektor termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) antara lain turunnya jumlah penjualan. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dilakukan untuk memberi bimbingan dalam mengatasi hal tersebut melalui penggunaan & pengelolaan media digital yang sinkron. Memakai & mengelola media digital, diperlukan para pelaku usaha untuk menaikkan penjualan dan ketertarikan pembeli tentang produknya. Metode yang dipakai merupakan Pendekatan Penelitian Participatory Action Research (PAR). Penelitan dilaksanakan pada desa bakalan kecamatan grogol kabupaten kediri. Materi yang diberikan pada pelaku UMKM merupakan taktik penggunaan serta pengelolaan media digital,  optimalisasi digital marketing dan branding produk, kemampuan pembuatan konten yg menarik kenaikan pangka, dan hal-hal yang bisa menunjang pada pemasaran secara online, hal itu dilakukan dengan harapan buat menaikkan jumlah penjualan. Platfrom digital yang dipakai diantaranya Instagram, Facebook, WhatsAap, & shopee.

Full Text:

PDF

References

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriadi, A. A., Padilah, T. N., & others. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4(2).

Nadya, N. (2016) Peran Digital Marketing dalam Eksisten Bisnis Kuiner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.

Oktaviani, F. & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Suswanto, P. & Setiawati, S. D. (2020). Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Lini Masa: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo