Revitalisasi Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi melalui Pendampingan Belajar
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 melanda, salah satu kebijakan yang diambil sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona yaitu kebijakan pada bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar bagi semua anak sekolah semua jenjang dilakukan pembelajaran dari rumah melalui sistem online. Banyak kendala yang dihadapi selama pembelajaran dari rumah, kesulitan anak dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru umumnya terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan dirasa kurang tepat dalam penerapannya. Hal ini mengakibatkan motivasi belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menggerakkan semangat belajar anak di tengah pandemi adalah dengan bantuan pendampingan belajar. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Bategede oleh mahasiswa KKN UNNES BMC. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan diskusi. Semua anak pendampingan belajar merasa sangat senang, antusias dan semangat mengikuti kegiatan pendampingan belajar. Kegiatan pendampingan belajar bagi anak sekolah menjadi pengabdian yang sangat penting dilakukan.
Full Text:
PDFReferences
Arifa, Fieka Nurul. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial, (Daring), Vol.XII (7):13—15.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Daring), Vol.2 (1):55—61.
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Dalam Lantanida Journal (Daring), Vol.5 (2):93—196.
Haliifah Ibtisamah Abu Bakar dkk. (2020). Pendampingan Belajar bagi Anak Usia Sekolah Selama Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Universitas Negeri Semarang.
Khasanah, Dian Rati Ayu, Hascaryo Pramudibyanyo, dan Barokah Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, (Daring), Vol.10 (1):41—48.
Miller, Richard L. (2017). "Promoting Student Engagement in the Classroom and Beyond". In Integrating Curricular and Co-Curricular Endeavors to Enhance Student Outcomes; 394
Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, (Daring), Vol.03 (2):333—352.
Santoso, Agus, Yunni Rusmawati. (2019). Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.2 No.2:42.
Schaedel, Bruria. (2018). “Students’ Views Of Tertiary Education As ‘Access To Success’: A Case Study Of A Multicultural College In Israel”. Students’ Views of Tertiary Education:123
Simbolon, Naklan. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, h.16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa
Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311 e-ISSN 2775-4375
Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.