Pendampingan Belajar dari Rumah dalam Tingkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Alfa Narendra(1), Aqilla Elza Dinasti(2), Amanda Rosintha Putri(3), Dewi Pusparini(4), Ivan Risyandi Sanyoto(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan respons positif siswa di Sukoharjo terhadap program pendampingan belajar dari rumah. Pendampingan belajar dari rumah merupakan bimbingan yang dilakukan dari rumah guna membantu para siswa dalam menghadapi kesulitan belajar. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yakni metode survei deskriptif. Sasaran program pendampingan belajar yakni siswa SD-SMP. Mahasiswa mengarahkan siswa untuk mengisi kuesioner, guna mengetahui renspons siswa terhadap program pendampingan belajar. Hasil yang diperoleh yaitu program pendampingan belajar mendapat respons positif dari para siswa di Sukoharjo. Pendampingan belajar dianggap dapat meningkatkan minat belajar siswa, sebab melalui pendampingan belajar tugas siswa menjadi lebih ringan, siswa juga merasa wawasannya menjadi bertambah, dan didukung oleh peran serta mahasiswa yang telah melakukan pendampingan dengan baik dan menyenangkan. Sehingga, siswa lebih semangat belajar di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Full Text:

PDF

References

Argaheni, N.B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Siswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Keseheatan dan Aplikasinya, Vol. 8, No. 2.

Nasruddin, Rindam., & Haq, Islamul. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Vol. 7, No. 7.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19. Jurnal Biodik, Vol. 6, No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo