E-Commerce pada UMKM Produksi Keripik Singkong: Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Alfa Narendra(1), Ardimas Ferdian Surya Prasetya(2), Choirul Shaleh Gini(3), Dewi Ramadhani(4), Ratrie Fitriyaningrum(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Artikel ini bertujuan mengungkapkan hasil pelatihan e-commerce pada UMKM produksi keripik singkong di Dukuh Miri, Polokarto. Pemasaran produk dari penjual konvensional sudah terjadi dari masa lampau, di mana yang sering terjadi adalah pemasaran “getok tular” atau hanya dari mulut ke mulut dan dititipkan dari warung ke warung. Sehingga mengakibatkan pasar dari produk tersebut menjadi kurang luas. Mengatasi hal tersebut, Mahasiswa KKN BMC 1 2021 mengadakan pelatihan e-commerce sebagai media promosi. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan perekonomian warga di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kaji tindak (action research) yang melibatkan kelompok masyarakat sasaran yaitu pemilik UMKM Keripik Singkong Dukuh Miri. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini yakni pemilik usaha dapat mengenal e-commerce, teknik pengambilan gambar produk yang menarik, dan memiliki akun media sosial untuk membantu meningkatkan perekonomian dari produk UMKM-nya. 

Full Text:

PDF

References

Huang, Rico. (2017). Manfaat Fitur Insta Story Instagram untuk Meningkatkan Pejualan Anda. https://www.alona.co.id/social-media/insta-story-instagram/. Diakses pada tanggal 15 September 2021.

Maula, Shabur Miftah, dkk. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 29 No.1.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, Hal.59-64.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo