Edukasi Seksual pada Bimbingan Belajar Kelompok Anak Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Pada bulan Februari 2020 kasus kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Sragen mengalami peningkatan, yaitu sebanyak 39 kasus. Desa Kedungupit merupakan salah satu desa yang memiliki penduduk dengan jumlah terbesar, yaitu ± 2.4.000 jiwa berjenis kelamin laki-laki dan ± 2.5.000 jiwa berjenis kelamin perempuan. Berdasarkan banyaknya penduduk dari kalangan anak, serta maraknya fenomena kekerasan seksual maka hal ini tentu menjadi perhatian khusus. Pengabdi KKN mencoba memberikan edukasi seksual pada bimbingan belajar kelompok anak sekolah dasar di Desa Kedungupit dengan tujuan program ini untuk memberikan proteksi sekaligus pemahaman bagi anak, utamanya yang sedang berada di bangku sekolah dasar. Metode pelaksanaan dalam program ini adalah metode pemberdayaan lingkup atau Participatory Action and Learning System. Adapun program yang dilaksanakan meliputi; (1.) pendampingan belajar; (2.) edukasi seksual; (3.) diskusi interaktif; (4.) minggu aktif; (5.) pendampingan orang tua. Dari kegiatan pengabdian dihasilkan pemahaman serta langkah preventif untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap anak-anak.
Full Text:
PDFReferences
Aiffah, G. I., & Religia, W. A. (2020). Child Sexual Abuse Prevention Program: Reference to the Indonesian Government. Jurnal PROMKES, 8(2), 238. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i2.2020.238-252
Dispermadesdukcapil. (2020). DISPERMADESDUKCAPIL PROV.JATENG KABUPATEN SRAGEN PROVINSI JAWA TENGAH Kecamatan Sragen, Desa KEDUNGUPIT. Https://Sidesa.Jatengprov.Go.Id/. https://sidesa.jatengprov.go.id/desa/33.14.10.2008
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Hasan, N., Setyowidodo, G., Wafa, M. S., Irfan, M., Riadi, S., Annafisah, K., Alfanny, M. I. R., Aprilia, I., Faizin, T. G., Rizkiyah, N., & Qowim, A. N. M. (2020). Pemberdayaan Santri Melalui Pembelajaran Enjoyable Learning dalam Membentuk Generasi Seimbang dan Spiritualitas Intelektualitas di Pondok Pesantren. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 148. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6582
Isha’an, M. (2021). Sragen Darurat Kekerasan Seksual Anak, 2020-2021 Terjadi 39 Kasus. Https://Rri.Co.Id/. https://rri.co.id/surakarta/daerah/981529/sragen-darurat-kekerasan-seksual-anak-2020-2021-terjadi-39-kasus
Ivo Noviana. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya Child Sexual Abuse: Impact And Hendling. Sosio Informa, 1(1), 14. http://ejournal.kemsos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/download/87/55
NOVIANI P, U. Z., Arifah, R., CECEP, C., & Humaedi, S. (2018). Mengatasi Dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dengan Pelatihan Asertif. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i1.16035
Persada, Andhika G, Ayuningtyas, N. P. (2015). Seksual Pada Anak-Anak Di SDN Gejayan. Jurnal INovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 211–214.
Sari, K. P., & Maghfiroh. (2015). Perspektif Pendidikan Islam Ibn Khaldun. Jurnal Cakrawala, X(2), 220–232.
Tedju Hinga, I. A. (2019). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Media Pada Murid Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). GEMASSIKA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 83. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395
Zare, P., & Othman, M. (2015). Students’ perceptions toward using classroom debate to develop critical thinking and oral communication ability. Asian Social Science, 11(9), 158–170. https://doi.org/10.5539/ass.v11n9p158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa
Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311 e-ISSN 2775-4375
Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.