Upaya Meningkatkan Etika Bermedia Sosial bagi Remaja di Masa Pandemi di Desa Banyurojo

Diva Luthfianti Mukaromah(1), Amira Halimatus Sofac(2), Muhammad Wildan Munawar(3), Shafira Putri Ayudyawati(4), Asep Purwo Yudi Utomo(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan etika bermedia sosial bagi remaja di masa pandemi di Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Target luaran diharapkan menjadi salah satu upaya dalam mengurangi dampak negatif dalam bermedia sosial sehingga dengan adanya sosialisasi dapat meningkatkan etika dalam bermedia sosial remaja. Metode yang digunakan adalah sosialisasi secara daring yang dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, sosialisasi, dan evaluasi. Hasil program kerja pengabdian kepada masyarakat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana yang telah dirancang sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan remaja Desa Banyurojo ikut dalam kegiatan sosialisasi ini dan memberikan umpan balik berupa seluruh peserta mengisi angket untuk kegiatan evaluasi. Sebesar 90% responden lebih memahami etika dalam bermedia sosial setelah dilakukannya sosialisasi ini melalui media video dan poster. Namun, 10% dari peserta masih belum memahaminya, sehingga disarankan peran orang tua maupun orang dewasa untuk selalu mengawasi dan mengontrol setiap penggunaan media sosial bagi para remaja.


Abstract

The purpose of this activity is to improve social media ethics for teenagers during the pandemic in Banyurojo Village, Mertoyudan District, Magelang Regency. The output target is expected to be one of the efforts to reduce the negative impact of social media so the socialization can improve the ethics in social media for teenagers. The method used is online socialization which is divided into three stages, namely preparation, socialization and evaluation. The results of the program were carried out well in accordance with the previously designed plan. This is evidenced by the youth of Banyurojo Village participating in this socialization activity and providing feedback in the form of all participants filling out questionnaires for evaluation activities. 90% of respondents better understand ethics in social media after this socialization is carried out through video and poster media. However, 10% of the participants still do not understand it, so it is recommended that the role of parents and adults to always supervise and control every use of social media for teenagers.

Keywords: ethics; pandemic; social media; teenagers. 

Full Text:

PDF

References

Adebiyi, A., Mosunmola, A., Okuboyejo, S., Agboola, G., & Oni, A. (2015). Social Networking and Students ’ Academic Performance : the Role of Attention Deficit , Predictors of Behavior and Academic Competence.

Anwar, F. (2016). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. 2013, 137–144.

Aulia, D. S. (2019). Faktor – faktor yang mempengaruhi adiksi smartphone pada remaja. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cuponation. (2021). Digital 2021. Global Digital Insights, 103.

D, S. N. I. S., & Hutabarat, S. M. D. (2020). Pendampingan Penggunaan Media Sosial Yang Cerdas Dan Bijak Berdasarkan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 34–46. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v2i1.754

Gillin, J. L., & Gillin, J. P. (1948). Cultural Sociology: A Revision of An Introduction to Sociology.

The Macmillan Company.

Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. AL- HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1837

Hidajat, M., Adam, A. R., & Danaparamita, M. (2015). Dampak media sosial dalam. 6(1), 72– 81.

Keles, B., Mccrae, N., & Grealish, A. (2020). A systematic review : the influence of social media on depression , anxiety and psychological distress in adolescents. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 79–93. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1590851

Kemenkominfo. (2013). Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+ Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker. Diakses pada tanggal 5 September 2021

Kominfo. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Masyarakat. https://kominfo.bengkulukota.go.id/pengaruh-media-sosial-terhadap-perilaku- masyarakat/. Diakses pada tanggal 5 September 2021

Lima, D. L., Antonieta, M., Medeiros, A. A. De, Ana, I. I., & Brito, M. (2020). Social media : friend or foe in the COVID-19 pandemic ? 1–2. https://doi.org/10.6061/clinics/2020/e1953

McGraw, H. (2017). Dictionary of Engineering.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3, 33–47.

WHO. (2017). Global diffusion of eHealth: making universal health coverage achievable: report of the third global survey on eHealth.World Health Organization.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo