Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar dan Remaja Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Supri Hartini(1), Widia Winingsih(2), Putri Tesya Azzahra(3), Mohammad Iqbal Mabruri(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Cepatnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia menyebabkan lonjakkan pada kasus penularan virus tersebut. Pemerintah masing-masing daerah harus bergerak cepat melakukan sosialisasi Adatasi Kebiasaan Baru pada masyakarat di seluruh Indonesia. Sosialisasi yang dilakukan rata-rata dari segi pemilihan kata dan penyampaiannya ditujukan untuk orang dewasa, jarang sekali untuk anak-anak dan remaja. Padahal anak-anak dan remaja lebih rentan terkena Covid-19 dan masalah kesehatan mental dalam proses beradaptasi dengan kebiasaan baru di kala pandemi. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdi memberikan program sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru dengan metode pemaparan pengetahuan dan informasi, demostrasi, serta melakukan praktik dengan memberikan tes sebelum dan sesudah penyuluhan menggunakan bahasa yang lebih dimengerti anak-anak dan remaja di wilayah RT 005 RW 006, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Penyuluhan tersebut terbukti dapat merubah perilaku dan sikap untuk membimbing mereka beradaptasi dengan kebiasaan hidup yang baru. Program pengabdian ini untuk membantu penyuluhan dengan target usia anak-anak dan remaja.

Abstract

The rapid spread of the Covid-19 virus in Indonesia caused a spike in cases of transmission of the virus. The government of each region has to move quickly to socialize the New Habit Adaptation to people throughout Indonesia. The socialization carried out on average in terms of word choice and delivery is intended for adults, rarely for children and teenagers. Children and adolescents are more susceptible to Covid19 and mental health problems in the process of adapting to new habits during a pandemic. Based on these problems, the service team provided a socialization program for the Adaptation of New Habits with methods of knowledge and information exposure, demonstrations, and practice by giving tests before and after counseling using a language that can be understood by children and teenagers in the area of RT 005 RW 006, Papanggo Village, Tanjung Priuk District, North Jakarta. The counseling is proven to change behavior and attitudes to guide them to adapt to new life habits. This service program is to assist counseling with the target age of children and teenagers.

Keywords: adaptation to new habits; children; covid-19; teenager

 

Full Text:

PDF

References

Aditya, R. (2020). Pengaruh Penyuluhan Adaptasi Kebiasaan Baru Bagi Ibu Hamil Di Poliklinik Kebidanan Rsud Ulin Banjarmasin. Prosiding PKM-CSR, 3, 270–273.

Agustino, M. R., Perdana, R. C., Hartawan, D., Suyoso, Y. A., & Sari, R. (2020). Adaptasi dan Kebiasaan Baru Human Resource Department di Masa Pandemik Covid-19. Business Innovation & Entrepreneurship Journal, 2(3), 201–204.

Anonim (2020). Data Pemantauan COVID-19 DKI Jakarta. https://corona.jakarta.go.id/id/data-pemantauan (diakses tanggal 5 September 2021).

Astuti, S. F., Nursyabania, L., Falih, M. J., Attamin, S. R., Rafli, M., & Musta’ina, S. (2020). Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Rt 5 / Rw 11, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(2), 448–455.

Endang Supriyant, D. R. (2021). PKM Promkes Kelompok Masyarakat Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Bangetayu Wetan. Jurnal Implementasi Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 38-42

Herdiana, D. (2020). Penanggulangan COVID-19 Tingkat Lokal Melalui Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Provinsi Jawa Barat. Journal of Governance Innovation, 2(2), 131-156

Nisa, D. F. (2020). Sosialisasi Menuju Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Santri Pondok Pesantren Di Kabupaten Lumajang. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(2), 259–266.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Prasetyo, E. B. (2006). Peran ilustrasi visual dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2).

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Qawwam, 14(1), 29-50

Rohmah, N. (2021). Adaptasi Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Al-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(2), 78–90.

Santoso, M. B., Zainudiin, M., & Asiah, D. H. S. (2021). Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melalui Sosialisasi Kebiasaan Hidup Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1), 80–87

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh warna terhadap short term memory pada siswa Kelas VIII SMP N 37 Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33-42.

Sungkono, D. S., Wirasti, M. K., Suyanto, S., Sofyan, H., & Karsimin, A. (2009). Pengembangan bahan ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Waryana. 2010. Promosi Kesehatan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Sukoharjo: Nuha Medika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo