Peningkatan Motivasi Wirausaha bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Hiryanto Hiryanto(1), Entoh Tohani(2), Sujarwo Sujarwo(3), Akhmad Rofiq(4), Arif Wijayanto(5), Yudan Hermawan(6),


(1) Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
(4) Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
(5) Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
(6) Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Peningkatan kapasitas melalui pemberian keterampilan 4Cs berupaya meningkatkan motivasi wirausaha warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Yogyakarta. Bertujuan menguatkan rasa percaya diri dan motivasi wirausaha WBP dengan penguatan keterampilan 4Cs. Kegiatan Pengabdian ini didasari pentingnya keterampilan 4Cs di masa mendatang. Sasaran dari kegiatan ini adalah Warga Binaan Pemasyarakatan pada Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Yogyakarta sebanyak 25 orang. Kegiatan capacity buildingjika di lihat dari keikutsertaan dan antusias warga  binaan sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang tidak berubah dari awal hingga akhir sebanyak 25 orang dan keterlibatan dalam diskusi dan tanya jawab yang selalu merespon jika ditanya oleh narasumber. Materi yang disampaikan dalam pelatihan terdiri dari kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Dengan menggunakan metode permainan, peserta sangat merasakan manfaatnya, dan mereka mengatakan jika nanti sudah selesai menjalankan pembinaannya ingin menerapkannya dalam kehidupan kesehariannya untuk dapat hidup yang lebih baik.

 

Full Text:

PDF

References

Ajzen, I. (1988). Attitude, Personality and Behavior. Open University Press: Milton Keynes.

Berger, C. R. etc al. (2011). The Handbook Of Communication Science. USA: Wadswoth.

Cangara, H. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hariss M. (2000). Human Recources Management. USA

Munir, Z. A., Idrus, S., Mohd Shukur, S. A., & Rahimah Ithnin, S. S. (2015). The Effectiveness of Entrepreneurial Motivational Training Programme among University Students. International Journal of Social Science and Humanity , Vol. 5, No. 5, May 2015 (DOI: 10.7763/IJSSH.2015.V5.505), 487-490

Nurjanah, I. (2016). Hubungan Antara Hasil Pelatihan Tata Rias Pengantin dengan Minat Berwirausaha di Lembaga Kursus dan pelatihan Yuli Kabupaten Jember. Universitas Jember.

Situmorang, V. H., HAM, R., & Kav, J. H. R. S. (2019). Lembaga Pemasyarakatan sebagai Bagian dari Penegakan Hukum. Jurnal Ilmiah.

Sugiarto, J., Wismanto, Y. B., & Utami, C. T. (2015). Efektivitas Pelatihan Entrepreneurship Skill Untuk Meningkatkan Minat Menjadi Entrepreneur. Kajian Ilmiah Psikologi , 4 (1), 51, 60

Undang-Undang Pemasyarakatan No.12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Yuliani, N., Novita, D., & Pramestari, D. (2019). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Kawula Mudadi Era Milenial Melalui Pendekatan Inside-out. Ikra-Ith Abdimas, 2(2), 12-22.

Zumala, H. (2014). Peningkatan Motivasi Kerjadan Minat Berwirausaha Peserta Diklat melalui Pelaksanaan Keterampilan Kerja pada Balai Latihan Kerja di Kabupaten Bantul. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo