Pengenalan Permainan Tradisional untuk Melestarikan Budaya Indonesia
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Abstrak
Pengabdian ini mengangkat akan pentingnya melestarikan permainan tradisional di era modern seperti pada saat ini. Permainan tradisional memiliki banyak manfaat, selain sebagai warisan budaya bangsa permainan tradisional juga dapat berperan sebagai alat untuk melatih perkembangan motorik anak, kemampuan interaksi sosial anak, dan juga pembentukan karakter pada anak. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah sosialisasi dan praktek langsung di lapangan. Melihat yang terjadi sekarang, dimana anak lebih tertarik kepada permainan digital yang kurang melatih perkembangan pribadi anak membuat khawatir akan masa depan para penerus bangsa kelak. Sehingga kegiatan pengenalan permainan tradisional ini memang perlu dilakukan melihat begitu banyaknya manfaat yang didapat sekaligus untuk ikut serta dalam melestarikan permainan tradisional yang sudah menjadi warisan budaya di Negara Indonesia.
Abstract
This dedication raises the importance of preserving traditional games in the modern era as it is today. Traditional games have many benefits, apart from being a nation's cultural heritage, traditional games can also act as a tool to train children's motor development, children's social interaction skills, and also character formation in children. The implementation method used is outreach and direct practice in the field. Seeing what is happening now, where children are more interested in digital games that do not train children's personal development makes them worry about the future of the nation's successors in the future. So that this activity of introducing traditional games really needs to be done considering the many benefits that can be obtained as well as to participate in preserving traditional games which have become cultural heritage in Indonesia.
Kata Kunci: Character Building; Children's Games; Traditional Game
Full Text:
PDFReferences
Agustin, N. W., Susandi, A., & Muhammad, D. H. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di PAUD Kamboja Probolinggo. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 33-44.
Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121-136.
Asri, N., Pratiwi, E., Barikah, A., & Kasanrawali, A. (2021). Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Melalui Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional Kalimantan Selatan. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 126-133.
Aulia, N. A. Z. (2020). Permainan Tradisional Pukang dari Provinsi Lampung dan Pembentukan Karakter Bersahabat pada Peserta Didik MI/SD di Indonesia. Ibtidai'y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 29-40.
Huda, W. N. (2018, April). Pembentukan karakter pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. In Prosiding Seminar Nasional" Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa dalam Menghadapi Tantangan Global (pp. 243-247).
Maryati, S., & Nurlaela, W. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49-61.
Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.
Nugraha, Y. A., Handoyo, E., & Sulistyorini, S. (2018). Traditional Game on The Social Skill of Students in The Social Science Learning of Elementary School. Journal of Primary Education, 7(2), 220–227.
Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 87–94.
Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427.
Syamsurrijal, A. (2020). Bermain sambil belajar: permainan tradisional sebagai media penanaman nilai pendidikan karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1-14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bina Desa
Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311 e-ISSN 2775-4375
Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.