Edukasi Pemanfaatan Ampas Kopi di Desa Jamusan Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung

Febian Rifda Lia(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Jamusan merupakan salah satu desa di Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung, dengan komoditas utama kopi. Sebagian besar masyarakatnya mengelola perkebunan kopi dan mengolahnya. Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan, terutama di Indonesia karena kopi termasuk dalam kategori komoditi penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Meningkatnya konsumsi kopi mengakibatkan jumlah limbah kopi yang dihasilkan juga cukup banyak. Dampak sederhana yang ditimbulkan dengan banyaknya limbah kopi adalah bau yang kurang sedap yang cepat muncul terutama saat turun hujan apabila tidak ditangani dengan baik, sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan. Padahal ampas atau limbah kopi memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi kehidupan sehari-hari, limbah ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alternatif, pengusir serangga, penyubur tanah dan tanaman, serta untuk perawatan kulit dan wajah. Tim KKN UNNES GIAT 3 Jamusan melaksanakan program kerja Edukasi Pengolahan Limbah Ampas Kopi dan Pelatihan Pembuatan Masker Kopi pada ibu-ibu kader PKK dan Posyandu desa Jamusan, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pengolahan limbah ampas kopi sehingga permasalahan dapat teratasi.

Kata Kunci: Ampas, Kopi, Manfaat

Full Text:

PDF

References

Adikasari, Ria. (2012). Pemanfaatan Ampas Teh dan Ampas Kopi sebagai Penambah Nutrisi pada Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum) dengan Media Hidroponik. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oktasari, I. N., & Trilaksana, A. (2014). Perkebunan Kopi Rakyat di Jawa Timur 1920-1942. Avatara.

Purwanto, Gilang Diasmara. (2020). Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi menjadi Bahan Komposit sebagai Bahan Dasar Alternatif Pembuatan Produk Dompet. Jurnal Strategi Desain & Inovasi Sosial, 1(2): 175-186.

Yudanto, Ferdi, dkk. (2022). Kajian Pembuatan Masker Wajah Organik dari Campuran Ampas Kopi, Ampas Teh Hijau, Kunyit, dan Tepung Beras. Agroindustrial Technology Journal, 6(2): 37-45.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo