Sosialisasi Internet Positif untuk Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Ngemplak

Sefrina Widi Ariyanti(1), Dinda Syahrani(2),


(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Internet merupakan suatu kebutuhan penting bagi kehidupan di era digital ini. Internet dibutuhkan untuk mengakses berbagai informasi. Penggunaan gadget berdampak pada perkembangan psikologi anak usia Sekolah Dasar. Anak yang menggunakan gadget dengan durasi lebih dari 2 jam per hari mengalami perubahan perilaku. Internet Positif merupakan kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia untuk memblokir konten-konten negatif. Paparan pornografi pada anak dapat menyebabkan rusaknya otak, rusaknya kemampuan konsentrasi dan fokus, kecanduan, penyimpangan seks, hingga menjadi pelaku pelecehan atau kekerasan seksual di masa mendatang. Khalayak sasaran yang dipilih dalam kegiatan ini adalah siswa-siswa kelas 3,4,5, dan 6 SD Negeri 2 Ngemplak yang sudah mulai mengenal penggunaan internet dan gadget. Setelah sosialisasi ini dilakukan, siswa yang semula sering membicarakan hal-hal pornografi sudah tidak membahasnya lagi.

Abstract

The internet is an important requirement for life in this digital era. Internet is needed to access various information. The use of gadgets has an impact on the psychological development of elementary school age children. Children who use gadgets for more than 2 hours per day experience changes in behavior. Positive Internet is a policy made by the Government of Indonesia to block negative content. Exposure to pornography in children can cause brain damage, impaired ability to concentrate and focus, addiction, sexual deviation, and become perpetrators of sexual harassment or violence in the future. The target audience selected for this activity were students in grades 3, 4, 5 and 6 of SD Negeri 2 Ngemplak who were already familiar with using the internet and gadgets. After this socialization was carried out, students who used to often talk about pornography did not discuss it anymore.

Keywords : Internet; Negative Impacts; Pornography

Full Text:

PDF

References

Akdag, M., & Cingi, M. (2014). The Impact of Internet and Social Media on Kids’ and Parents’ Game Habits. Epiphany, 7(1). https://doi.org/10.21533/epiphany.v7i1.86

Anggraini, T., & Maulidya, E. N. (2020). Dampak Paparan Pornografi Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6546

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital Miftah. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning during COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes. Children and Youth Services Review, 118(August), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Fatimah, S., & Rahmawati, P. A. (2022). Dampak Pornografi Terhadap Perkembangan Perilaku Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Putri Hijau, 2(2), 49–52. https://doi.org/10.36656/jpmph.v2i2.824

Guntoro, G., Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan internet sehat dan aman bagi siswa SMK Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223-230.

Jayanto, S., Tantoni, A., & Asyari, H. (2021). Implementasi Keamanan Jaringan dengan Packet Filtering Berbasis Mikrotik Untuk Internet Positif Di SMKN 1 Praya. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 1(2), 65–77. https://doi.org/10.47134/rapik.v1i2.10

Renardi, A., Marlina, & Afan, I. (2022). Analisis Yuridis Penegakan Hukum Tindak Pidana Menyebarluaskan Pornografi Mengupload Video Di Media Sosial (Studi Putusan Nomor 2661/Pid.Sus/2020/PN. Mdn). Jurnal Ilmiah Metadata, 4(2), 442–457.

Siagian, L., Budiarto, A., & Simatupang. (2018). The Role of Cyber Security in Overcome Negative Contents To Realize National Information Resilience. Jurnal Prodi Perang Asimetris, 4(3), 1–18.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 528–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo