Sosialisasi “Cita-Citaku” Sebagai Upaya Mengurangi Laju Anak Tidak Sekolah di Desa Kwadungan

Khumairotul Khasanah(1), Dwi Aprilianti(2), Idha Fatimatul Azizah(3),


(1) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Desa Kwadungan terletak di Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Berada di lereng Gunung Sumbing, sebelah timur Wonosobo. Desa Kwadungan menjadi peringkat ke 5 tertinggi angka ATS (Anak Tidak Sekolah) se-Kecamatan Kalikajar. Tingginya angka tersebut tentunya dipengaruhi banyak faktor, baik internal ataupun eksternal. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNNES Giat 3 Desa Kwadungan melakukan sosialisasi “Meraih Cita-Cita” sebagai salah satu upaya mengurangi laju angka ATS di Desa Kwadungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas 6 SD N 3 Kwadungan yang akan lulus dan melanjutkan ke jenjang SMP. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa factor yang menyebabkan anak tidak sekolah, diantaranya motivasi (niat), pengaruh orang lain, pergaulan, kondisi keluarga, kemalasan, kurangnya dukungan orang tua, dsb. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNNES Giat 3 melakukan  sosialisasi motivasi sekolah berupa “Meraih Cita-Cita”. Sosialisasi tersebut diharapkan dapat menurunkan angka anak putus sekolah di Desa Kwadungan.

 

Abstract

Kwadungan Village is in Kalikajar District, Wonosobo, Central Java on the slopes of Mount Sumbing, east of Wonosoboo. Kwadungan Village ranks 5th highest in ATS (Anak Tidak Sekolah) in the Kalikajar District. It’s because of many factors, both internal and external. Therefore, students of KKN UNNES Giat 3 in Kwadungan Village socialized "Reaching Goals " as an effort to reduce the ATS rate in Kwadungan Village. The method is qualitative description. The research was conducted on 6th grade students at SD N 3 Kwadungan who will continue their studies at junior high school. The results show that there are several factors that cause children not to go to school, including motivation, the influence of other people, association, family conditions, laziness, lack of parental support, etc. Therefore, KKN UNNES Giat 3 socialize school motivation in the form of "Reaching Moals". The socialization is expected to reduce the number of children dropping out of school in Kwadungan Village.

Keywords: Dropout Child; Elementary School Student; My Goals; Kwadungan Village

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. R., Pairin, P., & Rasmi, R. (2020). Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19-25.

Baihaqi, Z. A., Widiyono, I., & Nurcahyo, W. (2019). Prevalence of gastrointestinal worms in Wonosobo and thin-tailed sheep on the slope of Mount Sumbing, Central Java, Indonesia. Veterinary World, 12(11), 1866.

Falikhah, N. (2017). Bonus Demografi Peluang dan Tantangan Bagi Indonesia. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 16(32).

Hasanah, Y. M., & Jabar, C. S. A. (2017). Evaluasi program wajib belajar 12 tahun pemerintah daerah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 228-239.

Husen, A. H., Angelia, S. F., Putri, J. A., Panjaitan, M. N., Shofir, A. F., & Fahrudin, T. M. (2022). Efektivitas Sosialisasi dan Pemberian PMT Sebagai Upaya Perbaikan Gizi Guna Menurunkan Angka Risiko Stunting Pada Anak di Desa Kembangsri. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2) : 30-35.

Iskandar, K., & Anam, S. (2018). Kampung Pendidikan dan Upaya Mensukseskan Program Wajib Belajar 12 Tahun. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 2(1), 50-80.

Madani, M., & Risfaisal, R. (2016). Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Rofiah, N. H., & Kurniawan, M. R. (2017). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Wajib belajar 12 Tahun di Sekolah Inklusi. URECOL, 343-348.

UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo