Membangun Kemitraan Pelaku UMKM Konveksi dengan Pemuda Karang Taruna dalam Upaya Mengembangkan Usaha di Desa Ambokulon

Muhammad Luthfi(1), Aliyyul Wafa(2), Elysa Tri Suryani(3), Zuhaida Imarotul Ulya(4), Vini Wiratno Putri(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi UMKM di Desa Ambokulon adalah kurangnya keterampilan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi. Usaha mikro Desa Ambokulon membutuhkan pengembangan usaha berbasis teknologi untuk bersaing dengan memanfaatkan digitalisasi. Pemuda karang taruna sebagai salah satu potensi yang dimiliki desa untuk membangun suatu kemitraan dengan pelaku UMKM konveksi. Tujuan dari penulisan ini adalah 1) Mengidentifikasi kebutuhan pelaku UMKM konveksi di Desa Ambokulon Kecamatan Comal 2) Memberikan gambaran pengembangan UMKM Konveksi di Desa Ambokulon dengan sosialisasi tentang kemitraan dan pelatihan digital marketing bagi pemuda desa dan pelaku UMKM konveksi. Metode yang digunakan dalam mengidentifikasi kebutuhan pelaku UMKM Konveksi di Desa Ambokulon yaitu observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan usaha pelaku UMKM Konveksi di Desa Ambokulon adalah membangun kemitraan dengan pemuda karang taruna. Hal ini dilakukan karena pelaku UMKM Konveksi di Desa Ambokulon masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi bahkan enggan untuk memanfaatkannya akibat dari kurangnya pengetahuan mengenai digital marketing. Hasil evaluasi dari kegiatan membangun kemitraan ini dinilai dapat memberikan wawasan, pengetahuan, dan motivasi kepada pelaku UMKM Konveksi dan pemuda karang taruna di Desa Ambokulon.

 

Kata kunci : Kemitraan; UMKM; Sosialisasi, Digital Marketing

 

Full Text:

PDF

References

Agustina, Tri Siwi. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. Surabaya: Universitas Narotama.

Ataunur, Ilman., Ariyanto, Eny. (2015). Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pt Adaro Energy Tbk. Telaah bisnis, Vol. 16, no. 2, hlm. 7.

Das, Nimai. (2012). Agricultural & Applied Economies Association Impact of Participatory Forestry Program on Sustainable Rural Livelihoods: Lessons from an Indian Province. Applied Economie Perspectives and Policy, 34(3): 428–453.

Dwijayanti, Andina dan Puji Pramesti. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek Beradek di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ikaith Abdimas, Vol 4 No 2, Juli 2021. Melalui

https://pressrelease.kontan.co.id/release/umkm-sebagai-penggerak-ekonomi-di-tengah pandemi?page=all , 2021. “UMKM Sebagai Penggerak Ekonomi di Tengah Pandemi”, diakses pada tanggal 11 September 2022.

Fahruda, Ansarul, dkk. (2008). Pendekatan Kemitraan Berbasis Masyarakat dalam Program Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Hartono, D. D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 15-30.

Mikkelsen, Britha. (2011). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.

Pante, Bemadeth Laurelyn dkk. (2013). Participatory Action Research in Disaster Preparedness and Community Reconstruction. Philippine Sociological Review, 61(2): 428–453.

Hartono, D. D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 15-30.

Olofson, Harold. (1985). Rapid Rural Appraisal for Social Forestry in a Philippine Community. Journal PhiUippine Quartely Culture and Society, 13 (3): 198–220.

Sinha, K. Prabhakar. (1997). In Defence of Paticipatory Rural Appraisal. Economies and Political Weekly, 32 (13): 672.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta.

Refbacks



Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo