Menu Bantuan Tahu Kreasi Daun Kelor melalui Program DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Desa Ngemplak Kabupaten Karanganyar

Dea Amalia Salsabila(1), Annisa Dwi Nur Fitriana(2), Amidi Amidi(3),


(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang
(3) Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan menu bantuan tahu kreasi daun kelor yang disusun melalui program DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting), sebagai langkah penanganan stunting di Desa Ngemplak Kabupaten Karanganyar. Metode pengabdian ini adalah pendampingan secara detail menu bantuan tahu kreasi daun kelor serta mengecek dampaknya terhadap pertumbuhan anak-anak yang mengalami stunting. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait program DASHAT. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa menu bantuan tahu kreasi daun kelor memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas gizi dan pertumbuhan anak-anak stunting. Konsumsi menu ini secara rutin dapat membantu mengatasi masalah gizi dan mendukung pemulihan kondisi stunting. Implikasi dari pengabdian ini adalah pentingnya pendekatan nutrisi berbasis lokal dalam penanganan stunting serta peran mahasiswa dan program DASHAT dalam memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat pedesaan. Diharapkan hasil pengabdian ini dapat membuka jalan bagi implementasi lebih lanjut dari strategi serupa dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting di daerah lain

Full Text:

PDF

References

Khafifi, F., Arif, M. N. J., Rosyida, Q., Anggaripta, D. E., Utami, H. C., Ashari, F., ... & El Qorny, A. (2022). Program Pemberian Makanan Tambahan Dalam Upaya Penanganan Stunting Di Desa Pagerejo Kec. Kertek Kab. Wonosobo. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(3), 28-34.

Manita, Y. A., Akbar, P. N., Rahman, M. F., Rosanti, P. I., & Rahayu, C. D. (2022). Optimalasi Kader Dashat (Dapur Sehat Stunting) untuk Pengendalian Stunting. Jurnal Peduli Masyarakat, 4(3), 419-426.

Nuraina, N., Azizah, C., Rizkyan, M. A., Zaki, R., & Firdaus, M. R. (2021). Edukasi Pemanfaatan Daun Kelor (Moringa Oleifera) untuk Pemenuhan Nutrisi pada Balita Stunting. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(4), 473-480.

Santi, M. W., Triwidiarto, C., Syahniar, T. M., Firgiyanto, R., & Andriani, M. (2020). Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu dalam Pembuatan PMT Berbahan Dasar Kelor sebagai Upaya Percepatan Pencegahan Stunting. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 77-89.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo