Digitalisasi Pancasila melalui Pelatihan Pembuatan Poster pada Siswa Sekolah Dasar Desa Blanceran

Dito Rizky Nur Saputra(1), Winda Widyaningsih(2), Alifah Miftachul Chasanah(3), Detalia Noriza Munahefi(4), Wahyu Setiawan(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi informasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari, terutama dalam bidang pendidikan. Teknologi informasi juga dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dunia pendidikan dalam ranah global. Pelatihan canva pada anak-anak Desa Blanceran dilakukan sebagai upaya peningkatan kemampuan siswa sekolah dasar dalam mendesain berbasis web. Metode pengabdian menggunakan metode pelatihan yang terdiri atas beberapa tahap diantaranya  Hasil pengabdian adalah peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang proses pembuatan poster dengan menggunakan Canva, memahami pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Canva, Digitalisasi, Pancasila, Poster

Abstract. The development of information technology is something that cannot be avoided, especially in the field of education. Information technology is also used as a benchmark for the success of education in the global realm. Canva training for the children of Blanceran Village was carried out as an effort to improve the ability of elementary school students in web-based design. The community service method was carried out using descriptive qualitative data collection techniques (note-taking techniques, documentation techniques, and observation techniques). The results of the community service  were that participants gained knowledge and skills about the process of making posters using canva, understanding the practice of Pancasila in everyday life.

Keywords: Canva,  Digitalization, Pancasila, Poster

Full Text:

PDF

References

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8.

Marbella, R. (2021). Penguatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sejak Usia Dini di Kalangan Anak-Anak Lingkungan I Tanah Seribu Kota Binjai. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Savitri, A. S. & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Tanjung, R. E. & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteknika: Jurnal Vokasi Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo