Pengenalan Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dan Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Lokal Jahe Instan Desa Banjarsari

Lutfia Lu'lu' Innida(1), Nur Rahaddatul Aisyi(2), Ken Limaran(3), Rahma Ari Widihastuti(4), Suryono Suryono(5),


(1) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang
(4) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(5) Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang

Abstract

Abstrak. Desa Banjarsari memiliki beberapa potensi industri UMKM, dengan memanfaatkan hasil dari pertanian serta perkebunan. Usaha-usaha tersebut menjadi tambahan pemasukan bagi kelompok usaha di Desa Banjarsari. KWT Berkah mulyo menjadi salah satu kelompok usaha di Desa Banjarsari yang memproduksi Jahe Instan. Namun, dalam pelaksanaanya masih mengalami beberapa kendala salah satunya terkait pemasaran. Mahasiswa Unnes Giat 5 melakukan sosialisasi STP serta pendampingan dalam pemanfaatan Digital Marketing pada KWT Berkah Mulyo. Metode yang digunakan yaitu Asset Based Community yakni strategi pengembangan masyarakat melalui pemanfaatan asset berupa Jahe Instan sebagai salah satu produk UMKM Desa Banjarsari. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi dan pelatihan. Hasil dari pendampingan yaitu KWT Berkah Mulyo sudah memiliki akun Shopee, diajarkan pengelolaan dan pemanfaatannya, serta dapat digunakan untuk memperluas pemasaran.

Abstract. Banjarsari Village has several UMKM industrial potentials, by utilizing products from agriculture and plantations. These businesses are an additional source of income for the business group in Banjarsari Village. KWT Berkah Mulyo is one of the business groups in Banjarsari Village that produces instant ginger. However, in its implementation there are still some obstacles, one of which is related to marketing. Unnes Giat 5 students conduct STP socialization and assistance in using Digital Marketing at KWT Berkah Mulyo. The method used is Asset Based Community, namely a community development strategy through the use of assets in the form of instant ginger as one of the UMKM products of Banjarsari Village. Activities carried out in the form of outreach and training. The result of the assistance is that KWT Berkah Mulyo already has a Shopee account, and can be used to expand marketing.

Keywords: Digital Marketing; STP; SMEs

Full Text:

PDF

References

Della Rolansa, B. R., Prasetya, H. A., Oktavianti, M. E., Maysalwa, F. A., & Zahra, A.

N. A. (2023). Perndampingan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Marning sebagai Produk Lokal Unggulan. Jurnal Bina Desa, 5(1), 96-104.

Fitrianto, A. R., Amaliyah, E. R., Safitri, S., Setyawan, D., & Arinda, M. K. (2020). Pendampingan dan sosialisasi pada usaha toko kelontong dengan metode ABCD (Asset Based Community Development) sebagai upaya pemberdayaan ekonomi dan peningkatan literasi usaha toko kelontong. Jurnal Abdidas, 1(6), 579-591.

Halim, B. N., Sa’diyah, A., Fauzi, N. I., Fauzi, U. S., Al Khadziq, M. F., Amalia, M.,

... & Sibyan, H. (2022). Pelatihan digital marketing sebagai media pemasaran produk lokal umkm di desa gadingrejo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 609-615.

Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro –Bunda Culinary. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 127-138.

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27-34.

Maulana, Mirza. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. Jurnal Empower, 4(2), 259-278

Putra, M. I. M., Lavianto, S., & Artana, I. M. (2022). Implementasi Analisis Stp (Segmentation, Targeting, Positioning) Pada Usaha Kue Tradisional Djaje. Jurnal Tekinkom (Teknik Informasi dan Komputer), 5(1), 78-84.

Salahuddin, N. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya asset based community-driven development (ABCD).

Sudaryanto, S., & Hanim, A. (2022). Implementation of Segmenting, Targeting, Positioning (STP) and Digital Promotion Strategy to Improve the Brand Image of Boarding House Vidini. UNEJ e-Proceeding, 22-30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo