Menumbuhkan Minat Baca Anak-Anak melalui Pojok Baca sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Desa Mangunsari

Laely Dwi Jayanti(1), Atno Atno(2), Arifkhi Arifkhi(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Artikel ini membahas upaya Tim UNNES GIAT 5 Desa Mangunsari dalam meningkatkan minat baca anak-anak melalui pendirian pojok baca sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila di Desa Mangunsari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Anak-anak yang memiliki minat baca yang rendah biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kurangnya perpustakaan yang memadai dan penggunaan gawai yang berlebihan. Metode pendekatan yang digunakan oleh Tim UNNES GIAT 5 adalah pendekatan komunitas dengan melibatkan masyarakat desa dalam pendirian pojok baca di sudut Balai Desa Mangunsari. Selain meningkatkan minat baca, program kerja ini juga mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam aktivitas membaca anak-anak. Hasilnya menunjukkan peningkatan minat baca anak-anak dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Program ini relevan karena Pancasila sebagai dasar negara dapat membentuk karakter anak-anak. Pojok baca menjadi sarana penting dalam membentuk kebiasaan membaca positif dan memperkenalkan nilai-nilai Pancasila. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan sosial yang berkontribusi positif dalam pengembangan masyarakat.

Abstract. This article discusses the efforts of the UNNES GIAT 5 Mangunsari Village Team in increasing children's interest in reading through the establishment of a reading corner as an implementation of Pancasila values in Mangunsari Village, Magelang Regency, Central Java. Children with low interest in reading are usually influenced by many factors, such as lack of adequate libraries and excessive use of gadgets. The approach used by the UNNES GIAT 5 Team is a community approach by involving the village community in the establishment of a reading corner in the corner of Mangunsari Village Hall. In addition to increasing interest in reading, this project also integrates the values of Pancasila in children's reading activities. The results show an increase in children's interest in reading and the application of Pancasila values in everyday life. This program is relevant because Pancasila as the basis of the state can shape children's character. The reading corner is an important tool in establishing positive reading habits and introducing Pancasila values. College students are expected to be agents of social change who contribute positively to community development.

Keywords: Reading Corner, Pancasila, Community Service 

Full Text:

PDF

References

Amir, I., Nursalam, & Mustafa, I. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia: Ghancaran. https://doi.org/10.0.74.161/ghancaran.vi.7587

Anshari, & Zainal. (2022). Buku Pedoman KKN ABCD (Aset Based Community Development)”. Jember: LP2M UIN KHAS Jember, 2022. 45-48.

Aswat, H., & Lely Nurmaya G, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Indri Hapsari, Y., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, Vol. 2 No. 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/22634/14062

Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Syamsul Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Martha, J. A., Pramudya, G. B., Apriliyani, D., Tulung, D. O., & Hilfi, M. (2021). Pemberdayaan Pendidikan Literasi Anak Sekolah Dasar melalui Pojok Membaca di Desa Tamansuruh. Jurnal Abdi Panca Mara. Vol 2 No 2. https://doi.org/10.51747/abdipancamara.v2i2.819

OECD. (2019). The Programme for International Student. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021, November 10). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal

Pendidikan Dan Kewirausahaan. Vol. 9(2): 473-485; STKIP PGRI Situbondo. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.134

Swasono, Muh. A. H., Sa’diyah, A. I., Fitri, R. E. N., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. JPM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang. Vol. 1, No. 2, November 2020, Pp. 38-50. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/236/130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo