Implementasi Gerakan Literasi Melalui Pojok Kreasi Membaca dan Menulis Karya Sastra Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri Gondangrejo

Sely Nursita(1), Yovanka Azzahra Wardoyo(2), Sugiyarta Stanislaus(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Gerakan literasi bertujuan untuk meningkatkan minat menulis dan membaca dalam diri peserta didik melalui berbagai macam kegiatan yang sederhana dan menyenangkan. Hal tersebut juga sejalan dengan peran mahasiswa UNNES GIAT Angkatan 5 untuk dapat berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat yang lebih inklusif dengan budaya literasi yang tinggi dengan memastikan bahwa semua orang mempunyai akses yang sama terhadap pembelajaran literasi berkualitas tinggi.  Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan praktik dengan sasaran peserta didik kelas 5 SD Negeri Gondangrejo yang dilakukan dengan tiga kali pertemuan. Hasil dari gerakan literasi ini mampu memotivasi dan memicu semangat peserta didik untuk terus belajar menghasilkan karya-karya hebat yang dimulai dari kegiatan menulis dan membaca.

 

Kata kunci: Desa Gondangrejo, Gerakan Literasi, UNNES GIAT

 

Abstract. The literacy movement aims to increase students’ interest in writing and reading through a variety of simple and fun activities. This is also in line with the role of UNNES GIAT Batch 5 students to be able to contribute to the development of a more inclusive society with a high literacy culture by ensuring that everyone has equal access to high quality literacy learning. The method used is the lecture, demonstration, and practice method with the target of grade 5 students at SD Negeri Gondangrejo which is carried out in three meetings. The result of this literacy movement are able to motivate and trigger the enthusiasm of students to coontinue learning to produce great works that start with writing and reading activities.

 

Keywords: Gondangrejo Village, Literacy Movement, UNNES GIAT

Full Text:

PDF

References

Abid, S., Sari, R., & Margareta, E. (2023). Pendampingan Pembuatan Pojok Baca Sebagai Alternatif Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 73-80.

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah dasar negeri gugus sungai miai banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429-1437.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150-158.

Fatimah, W., Dewi, N., & Amaliyah, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Melalui Program Generasi Siswa Membaca (Gsm) Di Sd Negeri Sipala 1. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1028-1034.

Henry, T. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356-1364.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo