Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Desa Balekerto melalui Sosialisasi Program TikTok Affiliate bersama PKK Milenial

Ervando Tommy Al-Hanif(1), Ravika Oktaviani Putri(2), Dini Agustin(3), Nilam Permata Sari(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Perkembangan internet yang semakin cepat membawa berbagai dampak pada kehidupan masyarakat. Begitu pula perkembangan media sosial yang telah menjamah berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, hingga  dewasa. Salah satunya yaitu penggunaan media sosial TikTok oleh ibu-ibu PKK di Desa Balekerto. Ibu-ibu yang berasal dari beberapa dusun di Desa Balekerto tergabung dalam gerakan PKK Milenial yang berasal dari ibu rumah tangga. Aplikasi TikTok selama ini hanya digunakan sebagai media hiburan saja oleh ibu-ibu PKK tanpa mengetahui manfaat lebih dari penggunaan aplikasi TikTok. Sasaran dalam program sosialisasi ini adalah ibu-ibu PKK milenial Desa Balekerto. Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, ibu-ibu PKK Desa Balekerto sangat antusias untuk mendapatkan penghasilan melalui program TikTok affiliate.

Abstract. The rapid development of the internet has had various impacts on people's lives. Likewise, the development of social media has touched various groups of people, from small children, adolescents, adults, to the elderly. One of them is the use of TikTok social media by PKK women in Balekerto Village. Mothers who come from several hamlets in Balekerto Village are members of the Millennial PKK movement where many of these mothers come from housewives. The TikTok application has so far been used only as a medium of entertainment by PKK mothers without knowing the more benefits of using the TikTok application. The targets in this outreach program are millennial PKK mothers in Balekerto Village. After carrying out this outreach activity, PKK Balekerto Village women were very enthusiastic about earning income through the TikTok affiliate program.

Keywords: Internet, Social media, TikTok Affiliate

Full Text:

PDF

References

Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.

Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.

Bulele, Y. N. (2020). Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: studi kasus TikTok. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 565-572).

Ramadhani, N., Efni Salam, N., & Eldapi Yozani, R. (2023). Pemanfaatan Konten TikTok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Shopee Affiliate Pada Akun TikTok “Indisyindi.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 235–261. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7591

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo