Kolaborasi Dengan Local Hero untuk Menguatkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila pada Masyarakat Sidomulyo

Lugas Wicaksono(1), Bagus Maulana Ramadhan(2), Nafis Azmi Amrullah(3),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(3) Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Pengabdian masyarakat merupakan sebuah bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memecahkan masalah-masalah yang dialami masyarakat. Pada saat ini yang menjadi permasalahan serius di Desa Sidomulyo adalah minimnya pemahaman masyarakat terkait nilai-nilai dan makna pancasila, untuk mengatasi permasalahan tersebut mahasiswa Giat 5 UNNES melaksanakan sebuah kolaborasi yang melibatkan local hero. Metode yang digunakan dalam penelitian dalam rangka pembentukan program kolaborasi meliputi metode wawancara, kuisioner, dan observasi partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan komunitas dan pembuatan program edukatif. Program kolaborasi dikemas dalam bentuk podcast yang dirilis pada platform youtube, pembahasannya difokuskan pada pengetahuan mengenai nilai-nilai dan makna dari Pancasila dengan local hero sebagai narasumbernya. 

Abstract. Community service is a form of implementing the Tri Dharma of Higher Education which aims to apply science and technology to solve problems experienced by the community. At this time what is a serious problem in Sidomulyo Village is the lack of understanding of the community regarding the values and meaning of Pancasila, to overcome this problem UNNES Active 5 students carry out a collaboration involving local heroes. The methods used in research in the context of forming collaborative programs include interviews, questionnaires, and observation of active participation in various community activities and making educational programs. The collaboration program is packaged in the form of a podcast which is released on the YouTube platform, the discussion is focused on knowledge of the values and meaning of Pancasila with local heroes as resource persons.

Keywords: Community Service; KKN; Pancasila Values; Local Hero

Full Text:

PDF

References

Aziz, A. A., Hadi, A. S., & Handayani, A. M. (2021). Local Wisdom of Local heroism. KnE Social Sciences, 1569-1582.

Kaelan, M., Yunita, O., & Harahap, M. S. (2019). Analysis of Pancasila in Religious Life: Case Study of Christian Religious Community in Indonesia. In Proceedings of the International Conference on Religion and Public Civilization (ICRPC) (Vol. 2, No. 1, pp. 67-72).

Rustam, A., & Pratiwi, D. (2020). The Role of Student Community Service Program in Strengthening the Character Education of Millennial Generation in Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 8(1), 165-171.

Prasetyo, E. (2021). Developing a Community Engagement Project: A Reflective Review of a University–Community Partnership in Indonesia. Gateways: International Journal of Community Research and Engagement, 14(1), 26-41.

Rifai, A. (2020). Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Masyarakat Pedesaan di Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 9-18.

Syahruddin, S., Nuryanto, M., & Utomo, N. (2018). Student Community Service Program as a Means of Building Community-Based Social Capital: Evidence from Indonesia. Journal of Community Engagement and Higher Education, 10(3), 25-33.

Utomo, A. S. (2019). Pancasila Education for Children in Formal and Non-Formal Education. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 23-37.

Aziz, A. A., Hadi, A. S., & Handayani, A. M. (2021). Local Wisdom of Local heroism. KnE Social Sciences, 1569-1582.

Rochmawati, E., Pratama, B. W., & Wahyudi, I. (2019). Cultivating 21st-Century Skills through Reflective Group Discussion: Lessons from a Tertiary EFL Class. Journal of Education and Learning, 13(3), 307-314.

Sari, R. R. (2018). Revitalisasi Kearifan Lokal Melalui Program Kuliah Kerja Nyata. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2), 83-94.

Simanungkalit, R. D. (2019). Fostering Pancasila Values through University–Community Partnership: Evidence from Indonesia. Gateways: International Journal of Community Research and Engagement, 12(1), 45-59.

Sofyan, H. (2017). Values of Pancasila to Build Cultural Resilience in Modern Society. Atlantis Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo